Manfaat Bawang Batak

Manfaat Bawang Batak Untuk Kesehatan

Bawang batak merupakan jenis bawang daun yang juga cukup populer di kalangan bawang. Banyak orang yang menyebut bawang batak dengan nama lokio, tapi ada juga yang menyebutnya dengan sebutan bawang Batak.

Bawang batak memang banyak ditemukan pada masakan-maskan khas Batak, salah satunya adalah arsik. Karena itulah disebut dengan istilah bawang batak. Padahal bawang batak juga banyak digunakan di makanan- makanan daerah lain, contohnya di bogor.

Di daerah bogor, terkenal sekali dengan asinan Bogor. Di dalam asinan tersebut, kamu juga dapat menemukan bawang batak di sana. Karena rasa dan aroma bawang batak yang sedap, bawang batak juga sering dibuat acar termasuk dipakai sebagai bahan campuran asinan.

Namun karena memiliki bentuk yang mirip dengan kucai, terkadang bawang batak juga disebut dengan kucai muda.Bawang batak memiliki bentuk seperti bawang daun, namun dengan ujung tangkai yang lebih panjang, daun kecil panjang dan warna umbinya cenderung putih. Jadi mirip bawang daun berbentuk mungil dengan.

Selain itu, lokio juga bisa digunakan dalam berbagai masakan. Hal ini karena bawang batak memiliki rasa yang renyah dan bau yang wangi seperti bawang pada umumnya, yang akan membuat masakan semakin sedap dan nikmat.

Bawang batak juga digunakan untuk menumis ayam, ikan, atau daging, untuk menghilangkan bau pada makanan tersebut. Namun sebelum diolah, bawang batak harus dikupas dan dibersihkan seperti membersihkan daun bawang atau bawang terlebih dahulu sampai terlihat umbi mungilnya.

Bawang Batak sangat mudah ditemukan di pasar- pasar tradisional maupun pasar swalayan. Bawang Batak pun memiliki harga yang terbilang cukup murah. Biasanya bawang batak dijual dalam ikatan karena umbinya kecil-kecil dan daunnya sudah mengering, namun bawang batak memiliki rasa yang renyah dan wangi.

Nah, bagi kesehatan, bawang batak juga memiliki kandungan vitamin dan mneral yang tidak kalak dengan jenis bawang dan daun bawang lainnya. Daun bawang batak kaya akan lutein sebagai agen karoten.

Daun bawang batak juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan zeaxanthin.

Meskipun semua varietas bawang batak memiliki kalori rendah, namun memiliki kandungan gizi yang berbeda. Bawang batak sebagai sumber baik kolin. Beberapa peneliti menemukan berbagai bawang batak merah mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat bawang batak, berikut adalah beberapa penjelasannya :

Bawang Batak Baik Untuk Kesehatan Mata

Bawang batak merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Bawang batak segar mengandung banyak vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan mata.

Bawang Batak Mencegah Penuaan Dini

Bawang batak mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini dan mencegah penyakit katarak. Selain itu, kandungan flavonid di dalamnya mampu menghindarkan dari serangan kanker paru-paru dan kanker mulut.

Bawang Batak Sumber Vitamin K

Kandungan vitamin K di dalam daun bawang batak mampu memperkuat tulang. Vitamin K dapat meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer.

Bawang Batak Meningkatkan Kesuburan

Bawang batak segar kaya akan folat dan vitamin C. Folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit.

Bawang Batak Kaya Akan Mineral

Bawang batak merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasioum. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Bawang Batak Membantu Proses Pertumbuhan

Kandungan protein dalam bawang batak juga cukup baik untuk dijadikan makanan anak. Kandungan protein dari daun bawang batak bermanfaat untuk tubuh. Protein baik untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, juga baik untuk pertumbuhan tubuh pada anak-anak.

Bawang Batak Mencegah Sariawan

Daun bawang batak dapat mencegah sariawan. Daun bawang batak mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat mampu sebagai salah satu sumber vitamin C untuk dikonsumsi sehari-hari.

Bawang Batak Mencegah Risiko Cacat Kandungan

Bagi para sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang batak selama masa kehamilan. Manfaat daun bawang batak memiliki kandungan Vitamin K yang tinggi yang baik untuk ibu hamil dan selama ini vitamin K diketahui sangat penting untuk menghindari risiko cacat bayi dalam kandungan.

Bawang Batak Membantu Proses Diet

Daun bawang batak memiliki kandungan lemak ataupun kalori yang sangat rendah sehingga tak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Daun bawang batak juga bisa dijadikan cemilan saat diet dengan membuatnya menjadi salad sayuran.

Bawang Batak Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Bawang batak merupakan sumber yang baik bagi klorofil dan vitamin K. Kaya garam mineral dengan unsur-unsur alkali sangat mendominasi. Hal ini yang membantu menjaga darah tetap bersih, pikiran dan tubuh dalam keadaan sehat. Kandunagn mineral dalam daun bawang batak dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi secara alami ini akan dapat dirasakan, sehingga tubuh akan terbebas dari racun.

Bawang Batak Menyeimbangkan Gula Dalam Darah

Daun bawang batak memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga kandungan dalam darah yang sangat berbahaya dapat diseimbangkan dengan memakan daun bawang bataksebagai menu sehat sehari- harinya.

Bawang Batak Membantu Penderita Sembelit

Bawang batak mengandung serat makanan yang dapat membantu usus bergerak lebih mudah sehingga membantu pencernaan. Bawang batak juga terbukti mengobati gangguan asam lambung, arthritis, masalah peredaran darah, dan kolitis.

Bawang Batak Menyediakan Nutrisi Selama Kehamilan dan Menyusui

Asam folat dalam bawang batak membantu mencegah anemia megaloblastik selama kehamilan. Makan bawang batak juga memiliki pengaruh besar atas sekresi hormon progesteron. Makan bawang batak dengan bayam, asparagus, kacang polong, dan kembang kol meningkatkan asam folat atau vitamin B.

Bawang Batak Mencegah Kanker

Daun bawang batak mengandung kaya vitamin A dan C yang dapat membantu mencegah kanker tertentu. Daun bawang batak juga mengandung quercetin seperti pada bawang lainnya.

Dalam berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa quercetin mampu mencegah berbagai macam jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru serta kanker ovarium.

Bawang Batak Meningkatkan Kesehatan Hati

Kandungan mineral dalam daun bawang batak dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi secara alami ini akan dapat dirasakan, sehingga tubuh akan terbebas dari racun, yang akhirnya berkontribusi terhadap kesehatan organ hati.

Bawang Batak Merawat Rambut Rontok

Campuran jus bawang batak dan jus bayam dikatakan baik bagi mereka yang terganggu oleh masalah rambut rontok. Bawang batak mengandung nutrisi yang baik untuk mencegah rambut rontok dan membuat rambut tumbuh sehat.

Nah, demikian informasi yang dirangkum petanidigital.id mengenai manfaat bawang batak, semoga bermanfaat.

Leave a Comment