Bisnis Hidroponik Sukses dengan Perencanaan Matang

Sukses Bisnis Hidroponik dengan Perencanaan Matang

Memiliki sebuah usaha adalah impian banyak orang. Salah satu yang kini sedang digandrungi adalah bisnis hidroponik sayuran dan buah-buahan. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap produk tersebut yang tidak pernah surut.

Selain itu, pola hidup masyarakat yang mulai sadar pentingnya kesehatan menjadi pendongkrak nilai jual tanaman hidroponik.

Peluang berbisnis hasil panen sistem hidroponik bisa mendatangkan keuntungan guna penghasilan tambahan maupun pokok.

Pengertian Bisnis Hidroponik

Menjalankan bisnis dengan sistem hidroponik artinya menjalankan usaha bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah.

Semua sayur dan buah yang ditanam dengan menggunakan media tanam yang bisa berupa rockwool, spons, cocopeat dan lain sebagainya.

Memang jika dilakukan dengan prospek bisnis berskala besar maka modal awal yang harus dikeluarkan lebih banyak dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini dikarenakan harus mempersiapkan instalasinya terlebih dahulu.

Sedangkan jika menggunakan metode biasa, tinggal menanam pada lahan yang sudah ada.

Namun walau demikian, nantinya tanaman yang dihasilkan bisa lebih segar dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, terutama jika menggunakan cara organik.

Peluang Bisnis Sistem Hidroponik

Bisnis ini dikatakan sebagai bisnis modern karena menggunakan sentuhan teknologi dalam kegiatannya. Siapapun bisa memulai bisnis semacam ini karena pangsa pasarnya yang luas. Selain itu bisnis ini hanya membutuhkan modal besar di awal saja.

Selebihnya Anda akan menghemat lebih banyak dibandingkan dengan sistem pertanian konvensional. Terjadinya pandemi juga membuat potensi bisnis rumahan semacam ini menjadi lebih terbuka.

Pasalnya, orang akan mencari produk yang berkualitas demi meningkatkan kualitas hidup agar bisa menjadi lebih sehat. Sayur dan buah segar yang Anda produksi bisa menjadi solusi kesehatan bagi masyarakat.

Langkah Memulai Bisnis Hidroponik

Perencanaan

Tidak ada bisnis yang bisa berjalan lancar tanpa adanya perencanaan awal.

Rencana ini akan membuat Anda memiliki panduan ketika akan membuat kebijakan bisnis. Di dalamnya terdapat perhitungan biaya, cara distribusi dari hulu ke hilir, target, hingga pengetahuan tentang kompetitor.

Seorang pebisnis harus bisa membuat rencana jangka pendek dan panjang yang dibuat secara berkelanjutan. Rencana jangka pendek yang biasanya dibuat dalam waktu triwulan ini bisa dijadikan sebagai evaluasi rencana jangka panjang.

Perkiraan Biaya

Setelah melakukan perencanaan, maka akan terdata semua modal yang diperlukan untuk membangun bisnis ini. Mulai dari persiapan alat dan bahan, hingga penentuan rumah kaca untuk lokasi instalasi.

Jika modal Anda terbatas, maka Anda harus menentukan rumah kaca tipe seperti apa yang bisa sesuai dengan anggaran Anda.

Penentuan Jenis Tanaman

Sebelum menentukan prospek dan tujuan pasar, maka tentu harus menentukan komoditas apa yang akan ditawarkan.

Pertimbangan jenis tanaman baik sayur maupun buah yang cocok dengan cuaca, kondisi rumah kaca serta keilmuan akan membuat bisnis lebih mudah dijalankan.

Bagi seorang pemula, tentu menanam jenis sayuran daun akan lebih mudah dilakukan daripada menanam buah. Selain itu, kondisi lingkungan juga menentukan. Lokasi dengan hawa dingin tentu akan berbeda dengan lokasi berhawa panas untuk pemilihan bibit tanamnya.

Legalitas Badan Usaha

Jika usaha Anda sudah mulai besar maka Anda memang disarankan untuk membuat badan usaha tersebut menjadi legal atau berbadan hukum. Hal ini akan memudahkan langkah Anda ketika akan mengembangkan bisnis.

Bahkan bentuk usaha semacam CV pun sekarang sudah harus melakukan pendaftaran administrasi dan berbadan hukum. Anda tidak perlu bingung tentang cara legalisasi ini, sebab sekarang semuanya bisa dilakukan secara daring.

Belajar Aturan Perpajakan

Secara otomatis, jika bisnis Anda ingin berkembang harus dilandasi dengan dasar hukum dan sebagai orang taat hukum juga harus taat dengan pajak. Dengan membayar pajak sesuai aturan, bukan hanya akan membawa dampak baik bagi negara tetapi juga dengan bisnis Anda.

Pembayaran teratur akan membuat nama usaha Anda dipandang baik dan mendapatkan kemudahan ketika akan meminta pinjaman modal ataupun melebarkan sayap hingga luar negeri.

Pengaturan Keuangan Bisnis

Salah satu hal yang riskan ketika menjalankan bisnis adalah perihal keuangan. Selalu bedakan harta pribadi dengan perusahaan bahkan saat masih berbentuk bisnis rintisan.

Digitalisasi

Dengan laju kehidupan yang kian cepat, maka bisnis pun juga harus bekerja cepat, bahkan untuk bisnis sayur. Konsep konvensional dengan memasarkan secara luring memang perlu dilakukan, tetapi juga jangan lupakan pasar daring yang juga sangat menguntungkan.

Bisnis hidroponik pada dasarnya sama dengan bisnis lain pada umumnya. Konsistensi serta kemampuan untuk beradaptasi menjadi kunci untuk bisa sukses bersaing di pasar ekonomi.

Leave a Comment