Cara Budidaya Cacing Tanah

Budidaya cacing tanah yang baik dan benar, bagaimana? Kenapa banyak yang membudidayakan cacing tanah? Pertanyaan tersebut coba dibahas pada artikel ini.

Cacing memiliki keunggulan dan manfaat yang banyak, maka tidak heran jika saat ini mulai banyak orang ingin membudidayakannya.

Saat Anda memutuskan untuk budidaya cacing tanah, maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dulu.

Adapun beberapa tahapan cara budidaya cacing tanah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Persiapan Awal Budidaya Cacing Tanah

Persiapan paling awal yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan kotak berukuran sekitar 90cm x 50cm x 30cm. Selanjutnya kotak tersebut bisa Anda isi dengan media tempat perkembangbiakan cacing, yakni tanah humus yang sudah lengkap dengan nutrisinya.

Anda bisa memanfaatkan pupuk kandang, untuk memberikan tambahan nutrisi. Jangan tempatkan media budidaya cacing tanah tersebut di bawah terik matahari untuk mendapatkan hasil terbaik. Taruhlah di tempat yang kondisinya cukup teduh.

Pemilihan Bibit Cacing

Bibit Cacing Tanah

Pilih bibit cacing terbaik, jika Anda ingin mendapatkan cacing tanah dengan kualitas tinggi.

Bibit cacing yang berkualitas bisa didapatkan dari dalam tanah yang sifatnya lembab. Anda juga bisa dapatkan jenis bibit cacing ini pada lingkungan sampah organik.

Mengembangkan Jumlah Cacing

Anda harus secara rutin memberikan pakan pada cacing berupa sayur-sayuran atau bisa juga dengan daun kering, untuk memperbanyak jumlah cacing. Proses pengembangan jumlah cacing tanah ini akan membutuhkan waktu hingga 2 bulan lamanya.

Anda perlu menyediakan media box yang lebih luas dibandingkan media awalnya, saat cacing sudah berkembang dalam jumlah banyak. Cacing yang harus Anda tanam pada media awal adalah berkisar 50 hingga 100 cacing. Hal ini berlaku untuk penanaman cacing berskala kecil.

Anda bisa andalkan bibit unggul dari petani cacing yang bisa Anda beli padanya, apabila Anda menginginkan penanaman cacing dalam jumlah yang lebih besar.

Pemindahan Media

Tahapan ini dilakukan apabila bibit cacing yang sudah Anda tanam tadi, sudah berkembang biak menjadi jumlah yang lebih banyak. Pastikan dulu bahwa tanah yang ada dalam media baru selalu dalam kondisi lembab, sebelum memindahkan ke media yang lebih luas.

Anda bisa siram terlebih dahulu tanahnya agar basah sebelum ditempati cacing tanah. Pastikan juga bahwa pH tanah dalam media memang sudah sesuai. PH tanah yang dibutuhkan untuk budidaya cacing pada umumnya adalah 5,5 hingga 7,5.

Anda bisa cek tiap 3 jam di hari pertama, untuk memastikan kondisi tanah sudah sesuai dengan kenyamanan cacing. Tanah yang dirasa tidak nyaman oleh cacing, akan menyebabkan cacing setiap 3 jam bergerak ingin keluar dari box.

Anda perlu mengantisipasinya dengan memperbaiki struktur tanahnya.

Perawatan Selama Budidaya

Pemberian pakan menjadi hal yang paling utama dalam melakukan perawatan selama budidaya. Pakan yang harus diberikan pada cacing adalah pakan organik yang teksturnya gembur. Baik itu berasal dari kompos sayuran, maupun dari kotoran hewan.

Jangan lupa untuk rutin mengganggu tanah dalam waktu 1 sampai 2 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar cacing bisa berkembang dengan baik.

Satu hal yang harus jadi perhatian Anda adalah jangan buang tanah media lama. Hal ini karena, di dalam media tanah tersebut terdapat kokon yang bisa menetas kapan saja, yang dapat mengeluarkan cacing baru.

Pengendalian Hama

Hama yang biasa menyerang budidaya cacing ini adalah semut. Pengendalian hama ini cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan kapur anti semut di sekitar media box.

Anda juga bisa menggunakan peletakan box secara tersusun. Sehingga serangga hama akan sulit menjangkau dengan balutan kapur semut di sekitarnya.

Panen

Cara Panen Cacing Tanah

Panen cacing bisa Anda lakukan dalam jangka waktu setelah 6 bulan lamanya.

Cara panennya juga cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan box di bawah cahaya lampu, secara otomatis cacing akan keluar dengan sendirinya. Anda pun bisa mengumpulkannya dalam wadah.

Setelah selesai budidaya cacing tanah dan pemasarannya mempunyai nilai jual cacing tanah yang tinggi. Kisaran harga cacing tanah di pasaran 65.000-85.000 per kilo.

Baca : Budidaya Cacing Sutra

Demikian artikel mengenai budidaya cacing tanah, yang publish di kategori Budidaya. Semoga dapat menjadi referensi bacaan bagi yang berminat membuat makalah budidaya cacing tanah ataupun yang mau membuat video cara budidaya cacing tanah.

Leave a Comment