Peternakan

Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya ikan air tawar memang terbilang sebagai jenis budidaya yang menjanjikan. Ditambah lagi dengan meningkatnya jumlah konsumsi untuk ikan jenis air tawar tersebut.

Bahkan ikan jenis air tawar hias pun mulai banyak digandrungi tentunya juga untuk dibudidayakan.

Apabila Anda seorang pemula yang ingin budidaya ikan jenis air tawar sebaiknya ikuti beberapa langkah berikut ini:

Persiapan Lahan

Pada langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan lahannya terlebih dulu. Siapkan lahan yang tepat dengan menyesuaikan jenis ikan yang ingin dibudidaya dengan jenis kolamnya.

Contohnya kedalaman kolam dengan pertimbangan dari paparan cahaya atau sinar matahari. Ketika Anda mempersiapkan lahannya dengan baik maka hal itu juga bisa membantu pertumbuhan ikan dengan hasil yang baik.

Pilihlah kolam beton, kolam terpal, kolam tanah, ataupun akuarium untuk sarana perkembangbiakan bibit ikan yang dipilih nantinya. Namun untuk lebih menghemat biaya maka Anda bisa menggunakan kolam terpal saja.

Pilih jenis terpal yang kuat dan juga tebal, yang mampu menjadi sarana yang baik untuk ikan. Salah satu hal yang sering kali terlupakan atau terlewatkan oleh peternak ikan adalah, tersedianya lingkungan yang mendukung.

Contohnya menentukan tingkat ketinggian lokasi pada kolam yang perhitungannya dimulai dari atas permukaan air laut, dan juga tingkat suhu air.

Menyiapkan Bibit

Setelah itu Anda juga harus menyiapkan bibit pada jenis ikan air tawar yang akan dipilih. Pilihlah jenis bibit yang kualitasnya unggul dan sesuai dengan karakteristik wilayah supaya perawatannya bisa menjadi lebih mudah.

Benih/bibit yang kualitasnya unggulan harus bebas penyakit dan dalam kondisi sehat. Sehingga waktu panen bisa lebih cepat dari perkiraan prosentase 20% hingga 30%.

Pada tahap persiapan bibit terdiri dari dua cara yaitu membeli benih/bibit di toko ikan secara langsung, dan mengembangbiakan bibit berkualitas unggul tersebut.

Cara yang kedua adalah lakukan perkembangbiakan oleh Anda sendiri, dari perkawinan yang berasal dari indukannya pada jenis ikan air tawar yang kualitasnya terbukti unggul.

Menebarkan Bibit Ikan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menebarkan bibit ikan unggulan yang telah dipilih. Penebarannya harus disesuaikan dengan ukuran kolam dan tingkat kepadatan dari kolam tersebut.

Sebelum mulai menebarkan, lepaskan dahulu pada tempat yang suhu airnya sama dengan jenis kolam yang Anda tempati. Tujuannya adalah supaya ikan-ikan tersebut dapat beradaptasi dengan kadar oksigen dan juga suhu kolam.

Hal itu juga bisa meminimalisir terjadinya stres pada ikan tersebut. Perhatikan juga jumlah pakan yang diberikan. Jangan memberinya pakan setiap hari dan jumlahnya tidak boleh berlebihan.

Dalam kolam tersebut biasanya sudah ada plankton atau beberapa jenis hewan kecil yang akan ikut memenuhi kebutuhan nutrisi ikan. Lakukan pemberian pakan setidaknya dua kali dalam sehari, misalnya pada pagi dan sore hari.

Apabila ikan diberi pakan dalam jumlah berlebih maka hal itu berpotensi membuat ikan keracunan. Beri pakan sekitar 3-4% dari jumlah bobot ikan itu sendiri. Untuk menunjang proses pada pertumbuhan ikan dengan maksimal, maka berikan juga vitamin.

Mengelola Air dengan Baik

Suhu air juga akan memengaruhi pertumbuhan pada ikan jenis air tawar tersebut. Maka tetapkan suhu yang tepat pada air di kolam. Supaya ikan yang dihasilkan nantinya berkualitas unggul, maka suhu airnya sekitar 25-30oC.

Apabila bibit ikannya telah disebarkan, maka kegiatan dalam mengelola air dari kolam menjadi sesuatu yang penting. Jangan sampai Anda membiarkan air dari awal masa pembibitan hingga masa panen.

Perhatikan juga bagaimana kebersihan dari kolam dari sampah, pencemaran, dedaunan yang jatuh, dan sebagainya. Pantau kotoran dengan rutin yang nantinya akan membantu pertumbuhan ikan dengan baik.

Menjaga Kondisi dan juga Ekosistem Ikan

Faktor pemicu yang bisa membuat budidaya ikan gagal adalah adanya hama yang menyerang khususnya pada jenis ikan yang usianya masih muda. Nantinya ikan bisa mati, untuk itu lakukan pergantikan air kolam dengan rutin dan pantau kebersihan kolamnya.

Jika ada ikan yang terkena penyakit maka lakukan pemisahan dengan cepat supaya ikan-ikan yang lain tidak langsung tertular. Ketika ikan lainnya tertular penyakit maka Anda bisa mengalami kegagalan panen.

Setelah dipisahkan, beri obat pada ikan yang sesuai dengan penyakit yang menjangkiti ikan tersebut.

Proses Panen pada Ikan Air Tawar

Proses yang terakhir dari budidaya ikan jenis air tawar ini adalah masa panen. Pilih ikan yang sudah memenuhi syarat dari panen, yang bisa dilihat dari umur dan bobot ikan yang memadai dan tergantung dari kebutuhan pasar ikan itu sendiri.

Namun jika ikannya belum memenuhi syarat untuk panen maka tunggu sampai ikan tersebut telah memenuhi syarat. Pantau juga dengan rutin saat proses pemijahan terjadi supaya prosesnya lebih baik.

Dalam melakukan perawatan pada ikan air tawar dibutuhkan ketelatenan, keuletan, dan juga kesabaran supaya hasil akhirnya baik dan ikannya berkualitas tinggi.

Telah publish di petanidigital.id kategori Peternakan, semoga bermanfaat.

Klik 2x Selengkapnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button