Budidaya Ikan Mujair

6 Cara Budidaya Ikan Mujair

Ikan mujair dikenal sebagai salah satu ikan dengan kelengkapan nutrisi dan gizi di dalamnya. Karena kelengkapan nutrisi di dalamnya, banyak masyarakat yang menyukai ikan mujair sebagai lauk andalan. Selain mengandung nutrisi lengkap, ikan mujair juga memiliki kelebihan lainnya.

Kelebihan lain yang dimiliki ikan mujair adalah cepat beradaptasi. Ikan mujair dengan kelebihannya ini, menjadikan perkembangbiakannya cukup cepat. Sehingga sangat tepat untuk dibudidayakan. Ada beberapa cara budidaya ikan mujair yang bisa Anda coba.

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan, untuk membudidayakan ikan mujair. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa keperluan perawatan untuk mengelola kualitas ikan.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin membudidayakan jenis ikan ini, maka di bawah ini bisa Anda catat dan praktikkan, cara budidaya ikan mujair yang baik :

Memilih Induk Ikan Mujair

Pemilihan induk adalah hal yang teramat penting, dalam tata cara budidaya ikan mujair. Jika induk ikan memiliki kualitas tinggi, maka hasil panen ikan pun juga akan memiliki kualitas tinggi. Induk pada ikan ini ada dua, jantan dan betina.

Kedua jenis induk ini memiliki perbedaan yang signifikan pada fisiknya. Mujair jantan memiliki warna ujung sirip yang memerah secara jelas. Sedangkan induk betina mujair ujung siripnya merah namun sedikit buram atau gelap.

Pada bagian urogenital, mujair jantan hanya punya dua lubang. Berbeda dengan mujair betina yang memiliki tiga lubang sekigus pada bagian urogenitalnya. Perut mujair jantan berwarna gelap kehitam-hitaman.

Berbanding terbalik dengan perut mujair betina yang berwarna putih. Jika distripping, perut mujair betina tidak akan mengeluarkan cairan apapun.

Pemijahan Benih

Tahapan ini dilakukan dengan mula-mula membuat kolam dengan kedalaman sekitar 60 meter dan ukuran dasarnya 3×4 meter. Agar ikan mujair dapat membentuk sarangnya, Anda harus memasukkan tanah lumpur halus ke dalam dasar air.

Anda bisa masukkan indukan mujair yang telah Anda pilih atau seleksi. Jumlah induk jantan dan betina mujair ini bisa menggunakan perbaikan 3:2. Induk akan mulai melakukan pembuahan.

Sel telur mujair betina, biasanya dijaga dan disimpan dalam mulutnya hingga telur menetas dan membentuk larva. Larva harus terus dijaga oleh induknya. Namun setelah usia larva menginjak 2 minggu, induk bisa mulai melepas larva untuk berkembang sendiri.

Membuat Kolam Terpal

Kolam terpal yang akan dibuat, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan budidaya Anda. Semakin banyak ikan mujair yang ingin dibudidayakan, maka tentu kolam terpalnya juga harus lebih luas.

Umumnya, kolam ini dibuat dengan bentuk persegi panjang. Di bagian pinggirannya bisa Anda letakkan kayu atau bambu sebagai penyanggah.

Kolam terpal tersebut, sebaiknya tidak langsung digunakan. Anda perlu mengeringkan kolam hingga 3 minggu lamanya. Setelah proses pengeringan, taburkan kapur.

Proses ini biasa disebut pengapuran. Pasca penaburan kapur, kolam perlu didiamkan dulu selama kurang lebih 3 minggu lamanya. Hal ini dimaksudkan agar kapur menempel pada terpal dan bisa memberikan pengaruh saat kolam diisi air.

Kapur akan menempel dengan sempurna pada terpal dalam waktu 3 minggu itu, dan Anda bisa memulai langkah selanjutnya.

Menebarkan Benih

Penebaran benih mujair, sebaiknya Anda lakukan di sore hari. Untuk kepadatan populasi benihnya, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan target budidaya Anda.

Saat benih mulai ditebar, dalam beberapa hari pertama umumnya akan ada 3-4 ikan mujair yang tidak beradaptasi dan kemudian mati. Namun hal itu wajar terjadi, Anda tidak perlu khawatir.

Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika jumlah ikan mujair yang mati dalam jumlah banyak. Segera lakukan penyelidikan terkait penyebabnya, agar Anda tidak lantas rugi.

Pemberian Pakan

Pakan yang bisa Anda berikan pada mujair adalah pelet, dengan kadar dosis yang disesuaikan banyaknya jumlah benih mujair. Semakin banyak benih, semakin banyak kadar pelet. Untuk pemberian pakan ini harus dilakukan 3 kali dalam sehari secara rutin hingga benih membesar.

Mengganti Air Kolam dan Proses Panen

Mengganti air kolam bisa jadi proses pembersihan lingkungan mujair agar tetap sehat. Bisa Anda lakukan 3 sekali dalam 3 minggu. Saat masuk waktu 5 bulan perawatan Anda sudah bisa lakukan pemanenan mujair.

Dari langkah langkah cara budidaya ikan mujair di atas, semoga artikel ini menjadi referensi bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment