PertanianTanaman

Cara Merawat Tanaman Agar Subur

Ada beberapa cara merawat tanaman agar subur salah satunya adalah tidak lupa menyirami dan selalu diberi pupuk sebagai nutrisi. Ada faktor lain yang harus diketahui.

Sebelum melakukan penanam hingga perawatan terhadap tanaman. Poin pertama yang kami lakukan adalah memilih media tanam.

Jangan hanya berfokus tanah saja karena, pilihannya cukup banyak termasuk, Arang.

Keunggulan dari media ini adalah terbebas dari jamur pengganggu. Karena, salah satu sifatnya adalah penyangga. Sebelum menggunakannya potong dulu jadi bentuk kecil jangan terlalu besar. Kemudian, tata di dalam pot.

Selanjutnya, tanaman dan terakhir tambahkan kembali Arang tersebut. Biasanya kami memanfaatkannya untuk Anggrek. Jika, selama ini Anda belum pernah mencoba maka, cobalah menggunakannya. Pasti Anggrek akan tumbuh subur.

Selain tanah, kami juga memakai Humus sebagai media tanam. Bila dilihat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tanah. Hanya saja tingkat kesuburannya jauh lebih tinggi. Biasa dibuat dari pelapukan dedaunan.

Kemudian, ditambahkan dengan pupuk hewan. Tidak heran bila warnanya tampak hitam atau cokelat jika, dipegang teksturnya lembut. Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai jenis tanaman mulai dari mawar, cabai, atau lainnya.

Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

Setelah mengetahui media apa yang diinginkan saatnya mulai menanam. Tidak perlu teknik khusus seperti biasa dimasukkan ke pot atau ditanam. Poin paling penting agar dapat tumbuh subur adalah menjalankan prosesnya.

Kami selalu menyiram tanaman tersebut tetapi, perhatikan dulu bagaimana kondisi tumbuhan yang akan ditanam. Misalnya Kaktus, flora ini tidak perlu banyak air. Jadi, cukup disiram dua atau tiga hari sekali saja.

Jangan terlalu banyak nanti bisa mati. Berbeda dengan tumbuhan yang membutuhkan banyak air. Lakukan penyiraman dua kali sehari yaitu pagi dan sore. Tetapi, tetap diperhatikan usahakan tidak membuat genangan di pot.

Cara merawat tanaman agar subur selanjutnya adalah pemupukan. Tidak jauh berbeda dari penyiraman. Anda juga harus memberikan jadwal pasti karena, pupuk ini adalah nutrisi agar seluruh bagiannya kuat dan sehat.

Hanya saja, jangan sembarangan dalam memberikannya. Perhatikan kadar nutrisi dari pupuk tersebut. Harus mempunyai enam kandungan yaitu nitrogen, fosfor, magnesium, kalsium, pottasium dan sulfur. Setiap kandungan punya peran besar.

Cara merawat tanaman agar tumbuh dengan subur berikutnya adalah memastikan bahwa, semua pupuk tersebut dibuat secara organik bukan, dari bahan kimia. Berikan setiap 2 sampai 3 bulan sekali secara rutin.

Cara Agar Tanaman Cepat Tumbuh Besar

Setelah tumbuhan sudah ditanam saatnya menanti agar cepat tumbuh besar. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ini salah satunya adalah air untuk penyiraman. Ada beberapa cara merawat bunga agar subur dapat dicoba.

Seperti, memanfaatkan air cucian beras. Caranya sangat mudah, saat Anda mencuci beras tersebut langsung tuang ke dalam ember atau wadah selanjutnya coba siramkan. Tidak perlu setiap hari.

Cara merawat tanaman agar subur seperti ini dinilai cukup efektif karena, ada kandungan B1. Dimana, dimanfaatkan pohon sebagai sumber kekuatan. Tidak heran hasilnya jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan air biasa.

Dengan teknik ini biasanya Flora mampu beradaptasi di media serta lingkungan baru bahkan, beberapa penelitian menyebutkan pergerakannya bisa bebas. Inilah alasan mengapa air cucian beras sangat dianjurkan.

Tetapi, teknik penyiramannya jangan sembarangan. Harus yang benar jadi, cukup disiramkan ke tanah saja. kalau sampai mengenai daun nanti akan menimbulkan bercak seperti noda putih jadinya, kurang bagus.

Cara Menyiram Tanaman Agar Tumbuh Subur

Cara merawat tanaman agar subur selanjutnya adalah teknik penyiramannya seperti apa. Jika diatas sudah dijelaskan berapa kali menyiram dan menggunakan apa saja. Kali ini Anda akan tahu bagaimana teknik yang benar.

Jika, selama ini hanya asal yaitu, satu gayung lalu disiramkan. Setelah membaca artikel ini diharapkan ada perubahan. Fungsi dari penyampaian teknik ini adalah seluruh bagian dapat tersiram sempurna.

Dengan begini tidak ada kesempatan menjadi layu. Cara menyiram tanaman agar subur sebagai berikut, ambil air kemudian siram di bagian tanahnya saja secara perlahan. Ingat, media juga punya daya penyerapannya sendiri.

Baik itu tanah, humus, atau arang. Tidak perlu banyak-banyak cukup satu gayung ukuran sedang. Usahakan sata menyiram harus lembut dan bertekanan rendah. Bila menggunakan selang air, atur ditekanan rendah.

Jika, mengenakan tekanan tinggi. Bisa berakibat fatal biasanya lebih mudah rapuh hingga pada akhirnya layu. Memastikan kebutuhan kadar H2O dalam tumbuhan membuat seluruh bagiannya kuat. Apalagi, yang baru saja tumbuh.

Atau masih dalam bentuk bibit. Harus dipastikan benar memiliki batang, akar, kuat. Selain memastikannya menggunakan nutrisi. Teknik penyiraman juga harus diperhatikan. Kesalahan dalam penanaman adalah memastikan kadar H2O.

Karena, harus pas tidak boleh berlebihan atau kurang. Setelah semua kebutuhannya terpenuhi mulai dari media, pupuk, dan teknik menyiram. Anda tinggal menunggu saja Flora kesayangan tersebut tumbuh subur.

Media tanam dan pupuk menjadi faktor penting agar bunga kesayangan Anda tumbuh subur. Jangan lupa, saat membelinya pilih produk yang berkualitas. Bagaimana mudah bukan cara merawat tanaman agar subur?

Artikel publish di petanidigital.id kategori Tanaman, semoga bermanfaat ya.

Klik 2x Selengkapnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button