Tanaman

5 Contoh Tanaman Hortikultura

Contoh tanaman hortikultura yang dibudidayakan di kebun akan diulas di artikel ini. Apalagi belakangan ini makin digemari banyak masyarakat yang gemar berkebun walaupun hanya di pekarangan rumah.

Tanaman hortikultura yang dibudidayakan tersebut terdiri dari beberapa macam tanaman seperti frutikultura, olerikultura, florikultura, biofarmaka.

Nah, berikut penjelasan dari contoh tanaman hortikultura.

Tanaman Buah – Frutikultur

Tanaman Buah - Frutikultur

Ini adalah jenis tanaman hortikultura pertama, yang merupakan jenis tamanan yang bisa dipanen untuk diambil buahnya. Tanaman tersebut adalah tanaman musiman sebab memang tidak setiap kali berbuah.

Namun demikian, juga ada tanaman buah yang bisa berbuah dalam satu periode, contohnya melon dan semangka. Beberapa contoh tanaman berbuah musiman adalah mangga, rambutan, jeruk, dan lain-lain.

Tanaman Sayur – Olerikultura

Tanaman Sayur - Olerikultura

Lalu untuk tanaman sayur sendiri adalah jenis yang paling mudah dijumpai, bahkan cara menanam sayur juga cukup mudah, Anda bisa menanamnya di lahan sempit di sekitar rumah.

Tanaman sayur bisa ditanam scara musiman dan tahunan.

Beberapa jenis tanaman sayur yang bisa tumbuh di musim tertentu diantaranya ada bawang merah, bawang putih, kangkung, wortel, kol, lobak, tomat, dan kubis.

Sementara itu jenis tanaman sayur yang ditanam tahunan adalah jengkol, petai, dan melinjo.

Tanaman Bunga – Florikultura

Tanaman Bunga - Florikultura

Sementara itu untuk jenis tanaman bunga sendiri merupakan jenis yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias.

Cara penanamannya pun beragam, ada yang ditanam di dalam pot seperti bunga melati, kenanga, mawar, dan lain – lain, juga ada yang ditempelkan di kulit pohon seperti bunga anggrek.

Tanaman Obat – Biofarmaka

Tanaman Obat - Biofarmaka

Tanaman obat atau biofarmaka adalah jenis tumbuhan yang di dalamnya mengandung senyawa. Senyawa pada tanaman obat ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Tanaman obat diyakini nenek moyang sejak tahun yang lama. Tanaman obat bahkan sampai sekarang kerap kali dimanfaatkan oleh masyarakat modern. Beberapa jenis tanaman obat adalah jahe, daun dewa, kunyit, sirsak, dan lain-lain.

Taman atau Lanskap

Taman Hortikultura

Ini adalah tanaman yang ditanam di lahan yang bisa membuat nilai estetika di suatu tempat semakin bertambah.

Beberapa contoh taman, yakni taman bergaya Jawa, taman bergaya Bali, taman bergaya Perancis, dan lain-lain.

Demikian pembahasan kita mengenai tanaman hortikultura, semoga contoh tanaman hortikultura di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat ya.

Klik 2x Selengkapnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button