Fungsi Pasar Induk

Fungsi Pasar Induk Bagi Petani

Pasar induk pada dasarnya memiliki fungsi penting dan bahkan berpengaruh besar bagi agrobisnis di Indonesia. Apalagi seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sekarang urusan bongkar muat barang, khususnya untuk sayur mayur, dan buah-buahan sudah semakin meningkat.

Sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern, pasar induk di berbagai kota di Indonesia sudah menjadi kebutuhan yang harus segera direalisasikan.

Alasannya, dengan adanya pasar induk maka semuanya akan tertampung dengan baik di situ. Menjadi salah satu negara penghasil pangan terbesar, kota-kota di Indonesia sudah pasti butuh pasar induk yang layak sesuai fungsinya.

 

Mengetahui Fungsi Pasar Induk Bagi Petani yang Memiliki Pengaruh Besar Bagi Agrobisnis

 

Sebenarnya fungsi pasar induk bagi petani penting sekali, apalagi memiliki pengaruh besar bagi agrobisnis di Indonesia. Dijadikan sebagai sarana distribusi logistik terbaik yang sudah dikemas sedemikian rupa.

Jika pasar induk di masing-masing perkotaan besar di Indonesia dibangun dan menerapkan sistem pengelolaan yang baik, bukan tidak mungkin agrobisnis akan semakin berkembang.

Keberadaan pasar induk pada usaha di bidang pertanian berfungsi sebagai terminal komoditi pertanian yang akan disalurkan ke konsumen dari produsen. Dan juga diharapkan agar bisa memberikan data-data penting kebutuhan tiap konsumen, baik itu dari segi jumlah, kualitas, maupun harga. Hal tersebut berguna sebagai input pasar dalam merencanakan pola tanam, juga penyesuaian jumlah tanam serta kualitas yang dibutuhkan pasar.

Penerapan jaringan pasar induk yang baik tentu saja akan dapat memperlancar proses pendistribusian komoditi pertanian. Dengan demikian, maka disparitas harga pada masing-masing wilayah dapat diperkecil. Selain itu, hal tersebut tentunya juga akan membantu produsen ketika alami over supply. Tujuannya, tidak lain agar bisa disalurkan menggunakan mekanisme perdagangan yang aman dan cepat di wilayah lain.

Sebenarnya fungsi pasar induk bagi pertanian ini masih ada banyak lagi. Salah satu fungsinya diharapkan agar bisa membantu dalam membentuk mekanisme perdagangan yang lebih adil. Sehingga proses pendistribusian pendapatan dari segala jenis produk pertanian pun bisa didapatkan dengan adil.

 

Jaringan Pasar Induk

 

Tapi sangat disayangkan sekali, pada kenyataannya masih ada banyak pasar yang berfungsi sebagai pasar induk tidak mampu menjalankan fungsi tersebut sebagaimana mestinya. Makanya perlu dibuatkan jaringan pasar induk terbaik yang bisa berfungsi dengan baik.

Tidak hanya sekadar membangun fisik dari pasar induk saja, tetapi di sini juga diperlukan adanya pengembangan konsep dalam pengelolaan pasar induk. Sehingga antara produsen atau petani dengan pedagang tercipta hubungan yang saling menguntungkan.

Hal tersebut penting untuk diterapkan agar pasokan sayur atau buah-buahan dari petani yang dijual belikan di pasar induk disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kenaikan dan penurunan harga jual produk di pasar induk pun bisa lebih terkontrol dengan baik.

 

Tujuan Pengembangan Pasar Induk

 

Kelebihan jaringan pasar induk bagi agrobisnis salah satunya adalah pengaturan waktu tanam bisa disesuaikan dengan permintaan komoditas barang yang ada di pasar. Jaringan pasar induk bahkan juga berkaitan dengan pasar-pasar penunjang, baik dalam kegiatan ekonomi, perdagangan atau pun pertukaran informasi.

Tujuan dari pengembangan pasar induk tidak hanya untuk membantu para pedagangan saja, tetapi lebih dari itu, yakni untuk membantu sejahterakan para petani.

Baik itu untuk pasar induk tradisional maupun modern dalam pengembangannya tentu saja membutuhkan dukungan instansi pemerintah juga departemen terkait.

Apabila dalam pembangunan pasar induk hanya mengandalkan salah satu dari dukungan instansi tersebut, maka pengembangan di dunia agrobisnis akan sulit tercapai. Selain itu peran serta swasta sebagai investor juga tidak kalah pentingnya sebagai penyedia jasa pembangunan pasar induk.

Pada dasarnya membangun fisik pasar induk bagi petani adalah hal yang mudah, tetapi yang sulit di sini adalah menciptakan pasar induk yang dengan sistem yang baik. Penting juga untuk memperhatikan keberadaan pasar induk tersebut.

Pastikan pasar induk dibangun di wilayah yang ramai dan padat penduduk. Sehingga keberadaan pasar induk bisa dimanfaatkan sebagai pusat perekonomian yang baik bagi masyarakat sekitar.

Demikian informasi yang disampaikan mengenai fungsi pasar induk, semoga bermanfaat.

Leave a Comment