Peternakan

Jenis Ikan Air Tawar

Jenis ikan air tawar termasuk yang sampai saat ini paling sering dan banyak dibudidayakan. Hal itu disebabkan oleh prosesnya yang mudah, dan tidak memerlukan modal berlebih.

Ikan air tawar adalah jenis ikan yang hidupnya di perairan seperti sungai/danau.

Sampai saat ini ikan air tawar yang paling sering dan banyak dibudidayakan. Hal itu disebabkan oleh prosesnya yang mudah, dan tidak memerlukan modal berlebih. Ada beberapa jenis ikan air tawar yang perlu Anda ketahui seperti di bawah ini:

Ikan Nemo Air Tawar

Ada beberapa ciri dari ikan nemo air tawar yang memang merupakan hasil budidaya. Warna ikan nemo air tawar biasanya tidak terlalu cerah, walaupun warnanya masih bagus.

Bahkan terkadang warnanya bisa agak kusam, tetapi dengan pakan yang berkualitas maka tingkat kecerahan ikan nemo ini akan meningkat dan serupa dengan ikan nemo air laut. Ikan nemo jenis air tawar ini juga memiliki tingkat agresif yang rendah.

Usia ikan nemo air tawar biasanya lebih muda atau setidaknya masih remaja. Karakter ikan nemo air tawar ini lebih kalem dan adem, dengan cara memelihara yang lebih mudah, karena memang terbiasa hidup di air tawar.

Ikan Predator Air Tawar

Ikan predator juga bisa dipelihara di air tawar dan bisa Anda pelihara di akuarium saja. Cara memeliharanya juga tidak terlampau sulit. Ada banyak jenis ikan predator air tawar yang bisa dipelihara di rumah, di akuarium saja misalnya.

Berikut ini jenis ikan predator air tawar yang bisa Anda pelihara di rumah:

Ikan Oscar

Warna dari ikan ini sangat memikat dan menjadi jenis ikan predator yang paling banyak dicari. Sifat ikannya temperamental dan juga agresif, tak heran jika ikan ini sering kali direkomendasikan untuk dirawat/dipelihara.

Namun karena sangat agresif maka agak sulit mencari jenis ikan yang bisa menemaninya di akuarium. Jenis pakan ikan Oscar yaitu udang rebon, cacing sutera, kutu air, dan sebagainya.

Peacock Bass

Ikan hias jenis predator ini juga cukup terkenal diantara para penyuka ikan hias. Ikan tersebut juga merupakan jenis predator air tawar yang bisa Anda pelihara. Jenis pakannya yaitu serangga dan juga udang atau ikan-ikan kecil.

Ikan Buntal Air Tawar

Bentuknya yang lucu membuat ikan buntal air tawar banyak dijadikan ikan hias. Salah satu jenis ikan buntal air tawar yang cukup populer adalah ikan buntal totol, yang dimana terdapat motif totol dengan warna kehijauan pada ikan tersebut.

Biasanya ikan buntal tidak nyaman hidup di wilayah yang terang atau cukup cahaya. Mereka lebih senang bersembunyi dibalik dedaunan dan menunggu mangsa lewat.

Air tempat mereka hidup juga harus mengalir, karena mereka akan merasa gelisah ketika airnya tidak mengalir. Walaupun dipelihara di akuarium, ikan air tawar yang satu ini tetap harus diberi air mengalir.

Ikan buntal merupakan jenis ikan karnivora, dengan cara hidup memakan jenis hewan yang lainnya. Jenis makanannya yaitu ikan kecil, siput, kerang, dan jenis ikan yang lainnya. Ia juga lebih suka menjaga area tempat hidupnya dan menyendiri.

Buntal juga akan melawan jika ada ikan atau hewan lain yang mencoba mengganggunya.

Ikan Bawal Air Tawar

Ikan bawal air tawar adalah jenis ikan yang asalnya dari Negara Brazil yang di dalamnya terdapat nilai ekonomi yang tinggi. Jenis ikan karnivora ini biasanya akan hidup secara bergerombol di sungai besar.

Cara pemijahan pada ikan air tawar bawal ini adalah dengan cara kawin suntik. Namun proses pembuahannya tidak alami. Proses pemijahan pada ikan bawal air tawar bisa dilakukan dalam beberapa tahap berikut:

  • Usia ikan yang akan dipijah sebaiknya tidak lebih dari 4 tahun. Induk betinanya memiliki perut yang buncit dan lubang kelaminnya berwarna agak kemerahan.

Untuk induk jatannya memiliki perut langsing dan ketika perut yang mengarah pada alat kelaminnya diurut akan mengeluarkan cairan sperma. Lakukan pengecekan pada sperma dengan hati-hati, jangan sampai kandungan spermanya keluar.

Bobot induk betina yang mencapai 4 Kg biasanya akan menghasilkan telur yang jumlahnya mencapai 400 butir telur atau lebih.

  • Pemijahan yang dilakukan pada ikan bawal dilakukan secara induce spawning, yaitu dengan menggunakan 0.5 ml/kg induk. Untuk proses penyuntikannya hanya 2 x saja dengan jarak 8 jam antara waktu suntikan yang pertama dan yang kedua.
  • Kemudian pindahkan telur dengan hati-hati pada akuarium khusus untuk penetasan, lalu diaerasi dengan kuat. Dalam waktu 16-24 jam kemudian, telur-telur itu akan menetas dengan suhu 26-29o

Namun jika ada telur yang tidak menetas maka segera buang, supaya tidak terjadi pembusukan yang nantinya akan mengganggu kualitas dari air tersebut.

Ikan Hiu Air Tawar

Faktanya, tidak semua ikan hiu hidup di lautan karena banyak juga ikan hiu yang hidup di air tawar. Jenis ikan hiu yang hidupnya di air tawar disebut dengan River Sharks. Walaupun begitu, ikan hiu air tawar keberadaan spesiesnya kini sudah terbilang langka.

Hiu air tawar biasanya ditemukan di beberapa wilayah seperti Asia Selatan, Australia, dan juga Asia Tengah. Ada beberapa jenis ikan hiu yang juga termasuk pada jenis ikan air tawar, seperti berikut ini:

  • Bull Shark

Jenis ikan hiu dengan nama Bull Shark banyak ditemukan di Danau Nikaragua tepatnya di wilayah perairan Afrika. Ikan-ikan ini akan menyebar pada perairan yang hangat tapi juga dangkal.

Kekuatan dari ikan hiu air tawar yang disebut hiu banteng ini agak sulit diprediksi. Terkadang ia akan melakukan penyerangan secara tiba-tiba, tapi terkadang sikapnya agresif sekali.

  • Saw Shark

Ikan hiu air tawar yang dinamakan Saw Shark biasanya disebut dengan hiu gergaji. Ikan dengan tulang rawan ini dikenal dengan hidungnya yang panjang dan bentuknya mirip dengan gergaji sehingga disebut hiu gergaji.

Nama lainnya yaitu hiu sentani atau pari, karena banyak hidup di Danau Sentani yang ada di daerah Papua Indonesia. Persebaran ikan hiu Saw Shark terjadi sampai ke kawasan tropis Asia Pasifik dan Samudera Hindia.

  • Glyphis

Untuk hiu ikan air tawar yang bernama Gyphis, sering kali disebut dengan hiu sungai. Ada sekitar 5 spesies yang berbeda pada jenis ikan hiu air tawar yang satu ini.

Bahkan menurut penelitian, pendistribusian ikan air tawar tersebut berada di daerah sekitar Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

Ikan Pari Air Tawar

Sama halnya dengan ikan hiu, ikan pari juga tidak hanya tinggal di lautan saja karena ada juga jenis ikan pari yang hidup di air tawar. Ikan pari jenis Stingray menjadi jenis ikan air tawar hias yang eksotis.

Asal ikan pari air tawar ini yaitu dari perairan yang ada di sungai tropis dan juga subtropis tepatnya di kawasan Amerika Selatan, mulai dari wilayah Karibia hingga ke Argentina.

Biasanya orang yang memelihara ikan pari air tawar akan memeliharanya bersamaan dengan jenis ikan lain. Ikan pari termasuk jenis ikan yang berenang hanya di area bawah saja.

Pertumbuhannya juga bisa maksimal, dengan panjang yang mencapai 2 m dan diameter tubuh sekitar 31 cm. Jenis pakan untuk ikan pari air tawar adalah udang segar atau ikan-ikan kecil.

Beri jenis pakan pada ikan pari yang bisa langsung tenggelam supaya memudahkan mereka.

Baca : Cara Mudah Budidaya Ikan Air Tawar

Artikel telah publish di petanidigital.id kategori Peternakan. Seperti diketahui juga bahwa banyak sekali jenis ikan air tawar yang hidup di perairan sungai dan danau Indonesia sampai saat ini. Salam budidaya!

Klik 2x Selengkapnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button