Kangkung Hidroponik

Kangkung Hidroponik : Keuntungan Budidaya Tanaman Hidroponik Kangkung di Tahun 2021

Kangkung hidroponik adalah sayuran yang dibudidayakan dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah. Sayuran yang mempunyai nama latin Ipomea Aquatica Forsk ini banyak diminati oleh masyarakat awam.

Apalagi dibudidayakan secara hidroponik, tentunya akan lebih naik nilai jualnya bila dilihat dari segi peluang bisnis.

Pengertian Metode Hidroponik

Sebelum Anda mempelajari pentingnya menanam kangkung hidroponik, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang pengertian metode hidroponik.

Metode hidroponik merupakan sebuah cara bercocok tanam yang tidak menggunakan media tanam.

Sayuran yang ditanam dengan menggunakan metode hidroponik mempunyai hasil panen yang sangat berkualitas

Metode ini hanya memakai air serta berbagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Apabila lahan pertanian terbatas, maka metode ini dapat dijadikan sebagai alternatif.

Alasan Budidaya Kangkung Hidroponik

Kangkung merupakan tanaman sayur yang dapat tumbuh subur di daerah tropis, seperti Asia dan Australia, termasuk Indonesia. Tanaman ini banyak dibudidayakan karena pertumbuhannya cepat serta banyak masyarakat yang mengkonsumsi kangkung.

Itu menjadi jawaban mengapa menanam kangkung secara hidroponik itu mudah.

Selain itu, tanaman kangkung memiliki cara perawatan yang mudah dilakukan.

Pada umumnya, kangkung dapat dipanen ketika mencapai usia 3 hingga 4 minggu. Kangkung dapat dipanen dengan cara memotong pada bagian batangnya.

Sedangkan akar kangkung yang telah dipanen dibiarkan menancap agar nantinya tumbuh lagi. Masa panen dan kecepatan pertumbuhannya menyebabkan kangkung memiliki harga yang cukup murah. Oleh sebab itu, tanaman kangkung dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.

Tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk membuat lahan atau sistem hidroponik supaya bisa menanam kangkung tanpa memakan banyak tempat.

Sistem hidroponik kangkung sangat menguntungkan karena mudah dilakukan dan harga jualnya lebih tinggi.

Anda juga bisa menanam kangkung secara hidroponik di halaman rumah sendiri. Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk menanam kangkung hidroponik, seperti memakai baskom, pipa air, besek plastic, dan sistem rakit apung.

Alasan utama digunakannya sistem hidroponik adalah karena hasilnya mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan cara menanam kangkung pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh perlakuan yang diberikan dengan metode hidroponik.

Keuntungan Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang cocok ditanam pada wilayah tropis. Banyak masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi sayuran ini. Hal tersebut dikarenakan kangkung sangat mudah diolah dan mempunyai kandungan gizi yang bagus.

Sayur kangkung memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai penangkal radikal bebas pada tubuh manusia. Terdapat kandungan bagus lainnya pada kangkung, yakni asam folat, vitamin A, vitamin C, riboflavin, vitamin B, dan lain sebagainya.

Selain itu, kangkung juga mengandung berbagai macam mineral, seperti besi, mangan, kalsium, magnesium, seng, kalium sehingga menyebabkan produksi sel darah merah bertambah. Uniknya sayuran ini dapat menurunkan tekanan darah serta tingkat stres.

Selain cara menanam kangkung hidroponik yang sederhana dan mudah, adapun beberapa kelebihan lainnya. Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh ketika menanam kangkung dengan metode hidroponik:

a. Tidak Membutuhkan Lahan Luas

Banyak sekali pelaku agribisnis yang mengeluhkan tentang terbatasnya lahan pertanian. Apalagi bagi Anda yang tinggal berada di tengah perkotaan. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin memulai bisnisnya di bidang pertanian.

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap sayuran kangkung terus mengalami peningkatan. Adanya metode hidroponik dapat mengatasi masalah terbatasnya lahan. Tanaman dengan metode hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas karena bisa ditelakkan dimana saja.

Supaya lebih hemat lahan, Anda bisa menciptakan rak bersusun atau tatakan untuk menanam kangkung secara hidroponik. Dengan begitu, kangkung yang ditanam akan semakin banyak meskipun lahannya sempit.

Metode hidroponik telah dipraktekkan oleh banyak pelaku agribisnis. Hampir semua pelaku bisnis merasa puas terhadap produksi kangkung secara hidroponik. Bahkan para agribisnis telah memperoleh omset hingga ratusan juta.

b. Modal Tidak Terlalu Besar

Menanam kangkung dengan metode hidroponik menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Hal tersebut dikarenakan untuk menjalankan budidaya kangkung hidroponik tidak membutuhkan modal yang besar.

Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan dan tentunya memiliki harga yang murah. Pada umumnya benih kangkung dijual dengan harga yang cukup murah dan banyak dijumpai di berbagai toko pertanian.

Media tanam yang diperlukan juga dapat Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari serta harganya terjangkau.

Selain cocok digunakan untuk bisnis, menanam kangkung hidroponik cocok untuk Anda yang baru belajar dalam dunia budidaya sayuran.

c. Perawatan Mudah

Cara menanam kangkung hidroponik dikenal sangat mudah dilakukan. Kangkung menjadi salah satu sayuran yang perawatannya sangat mudah. Pasalnya tanaman ini tidak memerlukan perhatian lebih sehingga tidak menguras waktu petani.

Perawatan tanaman kangkung hanya perlu melakukan pemupukan dan penyiraman secara berkala saja. Selain itu, kangkung memiliki ketahanan yang tinggi terhadap perubahan cuaca. Akan tetapi, penting sekali untuk memperhatikan serta mempertahankan kelembaban tanah.

Tanaman kangkung yang terpenuhi nutrisi dan kelembaban tanahnya pas akan bisa lebih cepat dipanen. Minimnya perawatan tanaman kangkung dapat membuat Anda bisa melakukan aktivitas lain. Tentunya hal ini sangat menguntungkan apabila Anda gunakan sebagai bisnis.

d. Masa Panen Cepat

Sayuran yang memiliki masa panen paling cepat adalah kangkung. Pada umumnya setelah memasuki usia 30 hari kangkung dapat dipanen dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin menjadikan kangkung hidroponik sebagai bisnis.

Demikian informasi mengenai kangkung hidroponik yang semakin diminati untuk dibudidayakan.

Leave a Comment