Lobster

Cara Budidaya Lobster Air Tawar Agar Cepat Besar

Budidaya lobster air tawar masih bisa dibilang mudah. Banyak orang masih mempertanyakan terkait cara budidaya lobster. Ditambah lagi dengan modal yang dikeluarkan untuk budidaya lobster ini juga tidak mahal.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan tentu akan berlimpah, dengan syarat, hasil lobsternya berkualitas.

Bagi Anda yang ingin budidaya lobster, berikut bisa Anda simak dan catat dengan baik beberapa tahapan atau langkah-langkahnya :

Pembibitan Lobster

Proses pembibitan ini dimulai dari membedakan jenis kelamin lobster jantan dan betina. Untuk bisa membedakannya, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami.

Lobster jantan memiliki capit yang berwarna merah mencolok.

Lobster betina memiliki warna capit yang dominan hitam dan terdapat corak berwarna merah.

Selain itu, Anda juga dapat membedakan lobster jantan dan betina dari ukuran badannya. Lobster betina identik lebih besar dibanding jantan.

Setelah proses pembedaan ini, maka Anda bisa memilih induk lobster. Pastikan induk lobster yang Anda pilih, memiliki kualitas tinggi.

Tingginya kualitas lobster, bisa dilihat dari seberapa besar ukuran induk

Tidak hanya itu, Anda perlu memperhatikan usia lobster sebagai induk. Usia lobster normalnya harus sudah memasuki 6 bulan saat menjadi induk.

Manajemen Media Budidaya Lobster

Setelah bibit lobster terpilih beserta induknya, selanjutnya Anda harus mengatur media air tawar yang akan menjadi habitat budidaya lobster tersebut. Kolam yang akan digunakan ada beragam jenis.

Namun sebagai pemula, Anda bisa gunakan jenis kolam tanah yang sudah dipastikan bersih sebelumnya. Untuk ukuran kolamnya sendiri, Anda bisa gunakan kisaran 1 x 0,5 x 25 cm.

Perkawinan Lobster Jantan dan Betina

Proses selanjutnya adalah proses perkawinan dua induk, agar lobster dapat berkembang biak dan menaikkan jumlah budidaya lobster. Dalam satu kolam, setidaknya Anda harus mencampur 3 lobster jantan dan 5 betina.

Pada proses perkawinan ini, lobster betinalah yang akan melakukan pemilihan jantan untuk berkembang biak. Proses ini akan memakan waktu hingga 2 Minggu. Saat lobster betina mulai bertelur, ia akan menjauh dari kumpulan lobster jantan dalam kolam.

Hal tersebut secara alamiah terjadi karena saat proses perkembang biakan, betina akan butuh ruang bebas untuk bergerak.

Membesarkan Lobster

Telur-telur lobster yang sudah menetas akan melalui proses pembesaran yang harus Anda urus dengan baik. Untuk media manajemen pembesaran ini, Anda bisa memilih satu diantara dua pilihan. Pilihan media tersebut adalah kolam terbuka atau akuarium.

Media manapun yang Anda pilih, pastikan sudah dalam keadaan bersih dan bebas dari zat beracun.

Setelah media siap, jangan lupa untuk mengatur air yang akan Anda jadikan tempat hidup lobster. Air harus memiliki setidaknya 7 sampai 8 pH dan kadar oksigennya berkisar 4 ppm.

Air juga harus Anda atur agar suhunya mencapai 26 hingga 30 derajat Celcius. Untuk lebih amannya, jangan sampai suhu air lebih dari kadar tersebut.

Memberikan Pakan Lobster

Memasuki masa pertumbuhan, Anda harus perhatikan dengan baik pola makan dan jenis pakan yang akan diberikan pada lobster.

Jenis pakan yang bisa Anda berikan adalah pakan penuh nutrisi, yang bisa Anda beli di beberapa toko pancing di sekitar Anda.

Beberapa contoh pakan yang bisa Anda berikan pada lobster adalah seperti, jagung basah yang telah diparut, sayur mayur, dan ketela pohon yang juga telah diparut.

Namun perlu Anda perhatikan dengan baik, pakan lobster dewasa dan lobster yang masih bayi adalah berbeda.

Pastikan Anda memberikan pakan yang mudah dicerna pada lobster bayi. Contohnya adalah cacing sutra. Sedangkan pola makan lobster secara umum adalah 2 kali sehari, saat pagi dan sore hari.

Kadar dosis yang umumnya diberikan pada lobster adalah 75%. Pada pagi harinya, Anda cukup memberikan 25% dosis pakan.

Panen Lobster

Proses panen ini dapat dilakukan saat lobster mencapai usia sekitar 6 hingga 8 bulan.

Semakin besar ukuran lobster, maka semakin besar juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Sekian informasi mengenai cara budidaya lobster air tawar, yang publish di kategori Budidaya. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Comment