Manfaat Hidroponik Yang Jarang Kita Ketahui

Manfaat hidroponik yang bisa mendatangkan keuntungan berupa materi, berkebun dengan cara hidroponik bisa menjadi pereda ketegangan di kala stress melanda.

Dan, sistem bercocok tanam menggunakan hidroponik memang sedang dilirik oleh banyak orang.

Masyarakat modern kini mulai banyak yang mempelajari dan mempraktikkan berkebun menggunakan sistem hidroponik. Karena manfaat hidroponik ini mulai banyak diketahui banyak pihak.

Hasilnya pun tidak kalah dengan pertanian yang menggunakan cara konvensional.

Manfaat Hidroponik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Baik Bagi Kesehatan

Mengonsumsi makanan hasil dari usaha menanam sendiri pasti berbeda dengan ketika membeli. Setiap tanaman yang ditanam tentu dirawat sebaik mungkin dan mengurangi penggunaan bahan berbahaya karena akan dikonsumsi sendiri.

Hal ini tentu akan berimbas pada kesehatan penanamnya, atau jika digunakan untuk komoditas akan memberikan manfaat kesehatan bagi siapapun yang membelinya. Sudah menjadi pengetahuan umum jika tanaman hasil hidroponik memang lebih sehat.

Pereda Stress

Ketika sedang penat dengan keadaan yang dialami, maka salah satu solusinya adalah memandangi tanaman hijau yang ada di dalam instalasi hidroponik. Warna hijau memang dipercaya dapat mengurangi ketegangan dan menyegarkan.

Selain itu, ketika melakukan proses perawatan tanaman, Anda dapat merasakan ketenangan yang akhirnya bisa mengurangi tingkat stress yang Anda alami. Merawat tanaman juga membutuhkan energi yang sama seperti ketika berolahraga.

Ketahanan Pangan

Pada masa-masa sulit ada kalanya tidak dapat membeli sayur dan buah dari luar. Kondisi semacam ini tentu tidak akan meresahkan mereka yang sudah memiliki pasokan sayur dan buah segar yang ada di rumah.

Anda dapat menikmati hasil tanam sendiri setiap saat ketika dibutuhkan. Ini merupakan solusi kebutuhan pangan yang bisa disediakan dari rumah.

Manfaat Sistem Hidroponik Dalam Penerapannya

Kualitas Tanaman

Menurut penelitian, tanaman yang ditanam menggunakan sistem hidroponik akan tumbuh lebih subur dan lebih sehat. Hal ini dikarenakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman saat tumbuh bisa didapatkan dengan maksimal.

Selain itu penggunaan pestisida buatan sangat minim dilakukan ketika bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Sistem ini memang lebih cocok menggunakan pengusir hama dan pupuk organik dalam perawatannya.

Penghematan Biaya

Karena luas media tanam hidroponik yang terbatas, maka penggunaan air untuk penyiraman serta pupuk untuk kebutuhan unsur hara bisa ditekan. Berbeda dengan sistem konvensional yang membutuhkan jumlah besar karena lahannya yang luas.

Hanya dengan sedikit pupuk dan air, tanaman bisa tumbuh dengan cepat karena nutrisi langsung didapat dekat akar. Tanaman tidak perlu mengeluarkan energi terlalu besar untuk mencari sehingga bisa memfokuskan diri untuk tumbuh.

Baca : Nutrisi Hidroponik Organik

Solusi Lahan Sempit

Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas, sistem hidroponik memang solusi yang tepat. Anda dapat menanam sayur dan buah dalam jumlah yang cukup banyak dengan membangun kerangka instalasi berbentuk susun atau vertikal.

Media tanam hidroponik yang dibutuhkan pun bukan tanah melainkan bahan pengganti seperti sekam bakar, kerikil, busa hingga cocopeat.

Bahan-bahan ini bisa didapatkan dengan mudah dan ini juga termasuk usaha ramah lingkungan karena memanfaatkan kembali barang yang tidak terpakai.

Green Living

Bahan-bahan yang digunakan untuk penanaman sistem hidroponik bisa menggunakan bahan bekas. Misalnya untuk instalasi digunakan pipa PVC bekas pembuatan saluran air, untuk wadah media tanamnya bisa digunakan gelas plastik bekas air mineral.

Bahkan untuk media tanamnya juga bisa menggunakan barang bekas, misalnya mengambil spons dari isian sofa yang sudah tidak terpakai, atau menggunakan sekam padi yang memang tidak bisa digunakan.

Larutan nutrisi yang digunakan sebagai pengganti pupuk juga bisa didapatkan lewat pengomposan daun kering maupun bahan lainnya seperti sabut kelapa dan cairan penyedap rasa.

Percepatan Panen

Selain bisa menghasilkan sayur dan buah yang bermutu tinggi, hasil panen dari tanaman hidroponik juga lebih cepat. Bahkan pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai 30% hingga 50% dari cara penanaman yang biasa.

Hal ini tentunya menguntungkan, bukan hanya dari segi biaya tetapi dari tenaga dan waktu. Kerangka instalasi juga selalu dibersihkan bahkan ketika mulai proses pemasangan. Hal ini menjauhkan tanaman dari potensi hama dan penyakit yang menyerang.

Baca : Ini Cara Sukses Bisnis Hidroponik

Manfaat hidroponik yang begitu besar membuat cara ini mulai dilirik untuk dijadikan bisnis dengan skala besar. Selain manfaat kesehatan juga dapat menghasilkan keuntungan berupa penghasilan tambahan.

Leave a Comment