Mengapa Petani Buah Memanen Buah Ketika Belum Matang

Mengapa Petani Buah Memanen Buah Sebelum Matang?

Di Indonesia ada banyak sekali jenis buah mangga, seperti mangga manalagi, kueni, gandaria, embacang, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda ternyata pada saat sudah mulai memasuki masa panen, para petani buah memanen buah ketika belum matang.

Kira-kira apa sih alasan dan tujuannya memanen buah sebelum matang? Mari temukan jawaban selengkapnya di bawah ini.

Banyak masyarakat yang menyukai buah mangga, karena memiliki rasa yang enak, bau khas, dan juga menyegarkan. Buah mangga bahkan bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa dibuat sebagai minuman yang menyegarkan, kue, dan masih ada banyak lagi.

 

Alasan Petani Memanen Buah Sebelum Matang

 

Salah satu alasan mengapa petani buah memanen buah ketika belum matang, khususnya untuk buah mangga adalah agar buah tersebut tidak cepat busuk. Tetapi demikian, Anda juga tidak harus memanen buah tersebut saat dalam keadaan masih terlalu muda. Ada beberapa kondisi buah mangga siap untuk dipanen.

Sebab, jika Anda nekat memanennya tetapi buah mangga dalam kondisi belum terlalu tua, maka menghasilkan buah yang rasanya kurang enak, seperti masam. Hal ini tentu saja akan membuat buah mangga tersebut memiliki nilai jual rendah di pasaran.

Umur panen buah mangga nanti akan mempengaruhi kualitas dari buah mangga itu sendiri. Biasanya buah mangga siap untuk dipanen saat umurnya memasuki 58-119 hari. Namun demikian, tidak semua jenis buah mangga yang bisa dipanen diumur tersebut.

 

Cara Memanen Buah Yang Benar

 

Ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui dan perhatikan di sini apabila ingin memanen buah mangga dengan cara yang benar, yakni sebagai berikut.

  • Cara memanen buah mangga yang pertama adalah pastikan terlebih dulu agar buah mangganya tidak terkena sinar matahari. Maka dari itu waktu panen buah mangga yang tepat adalah saat pagi hari. Jika buah mangga dipanen saat siang hari atau saat matahari mulai terik akan akan membuat buah mangga tersebut mudah busuk dan rusak.
  • Potong tangkai buah mangga kira-kira 15 cm, sebab biasanya buah mangga yang sudah dipetik akan mengeluarkan getah cukup banyak. Setelah itu hadapkan buah tersebut ke arah bawah, tujuannya agar getahnya jatuh dan tidak sampai mengotori buah mangga. Buah mangga yang terkenal getah, warnanya bisa berubah jadi gelap dan tentu saja juga lebih mudah terserang penyakit.
  • Proses pemetikan buah mangga juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebab bisa menurunkan kualitas dari buah tersebut. Nah, untuk ciptakan buah mangga dengan kualitas bagus, maka Anda harus memanennya secara berkala, yakni 2 – 5 kali. Tujuannya untuk mendapat tingkat kematangan yang seragam.
  • Sebelum mulai proses pemetikan buah mangga, sebaiknya sediakan terlebih dulu keranjang berukuran besar dan letakkan di bagian dahan. Tujuannya agar lebih mudah saat memasukkan buah mangga yang sudah dipanen.
  • Apabila Anda memang menginginkan buah dengan kualitas baik, lebih baik kegiatan pemanenan buah mangga ini dilakukan menggunakan tangan. Tapi jika tidak memungkinan maka Anda bisa menggunakan kayu atau galah.

 

Waktu Panen Buah

 

Untuk mengetahui buah mangga yang siap panen atau sudah tua, Anda bisa melakukan pengalaman terhadap warna kulit buah, atau pun tekstur kulit buah tersebut. Sebab, biasanya kulit buah mangga yang siap panen akan berubah.

Apabila ketika akan dilakukan pamanenan warna kulit buahnya sudah terlihat mengkilat, maka buah mangga tersebut sudah tua dan siap dipanen.

Jika proses pemanenan buah mangga sudah selesai Anda lakukan, maka selanjutnya adalah tahapan penyimpanan. Pada tahapan satu ini Anda disarankan untuk menyimpan buah mangga tersebut di dalam peti kardus.

Dan jangan lupa untuk meletakkannya di sebuah gudang yang bersih, bebas hama atau penyakit, dan dengan temperatur 8-10 derajat celcius. Lalu untuk tingkat kelembabannya sendiri lebih dari 90 persen.

Untuk masing-masing kardus maksimum 8 tumpuk sementara itu untuk peti sendiri maksimum hanya 4 tumpuk saja. Lama penyimpanan buah mangga maksimum berlangsung selama 2 hari.

Sekian artikel mengapa petani buah memanen buah sebelum matang ini dibuat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment