Mengapa Pada Musim Kemarau Petani Menanam Palawija

Mengapa Pada Musim Kemarau Petani Menanam Palawija?

Mengapa pada musim kemarau petani menanam palawija? Karena, palawija dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang butuh pasokan air yang sangat sedikit sehingga ideal jika ditanam saat musim kemarau tiba.

Secara harfiah, palawija ini dapat diartikan sebagai tanaman kedua. Jika didefinisikan lebih lanjut, tanaman palawija merupakan jenis tanaman hasil panen kedua dari tanaman padi.

Konten

Jenis Tanaman Palawija

Adapun jenis tanaman palawija yang kerap kali ditanam di Indonesia kala musim kemarau tiba diantaranya sebagai berikut.

  • Kedelai
  • Jagung
  • Singkong
  • Sorghum
  • Kacang hijau
  • Ubi
  • Kacang tunggak
  • Kentang
  • Gembili
  • Talas
  • Wortel
  • Oyong
  • Timun
  • Kacang panjang

Ini Alasan Petani Harus Menanam Palawija Saat Musim Kemarau Tiba

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan petani pada saat penanam palawija ketika musim kemarau tiba. Perlu untuk diketahui terlebih dulu bahwa, palawija sebenarnya merupakan jenis pertanian berkelanjutan. Palawija adalah komponen untuk melakukan rotasi tanaman.

Dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang mampu menghemat air di musim kemarau, sehingga tanaman palawija ini dapat dipastikan tidak akan memberikan beban bagi irigasi, khususnya pada saat irigasi tidak mampu lagi memberikan air yang cukup bagi padi sawah.

Tidak hanya itu, tanaman palawija juga mampu menjadi sumber penghidupan di dataran tinggi, tentu saja yang demikian ini tidak bisa dilakukan untuk tanaman padi.

Misalnya saja di lereng pegunungan merapi para petani melakukan rotasi tanaman dengan cara menanam padi yang juga diselingi dengan tanaman palawija. Tujuannya, untuk memutus siklus hidup hama dan penyakit. Rotasi tersebut terbukti mampu meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

Di sisi lain, tanaman palawija ini adalah tanaman yang bisa dibilang cukup rentan terhadap serangan hama, sehingga butuh pastisida yang lebih banyak lagi.

Tanaman palawija bahkan rentan serangan hama besar, seperti babi hutan. Meskipun demikian, tanaman palawija tetap menjadi kunci dalam menggalakkan diversifikasi pangan di Indonesia untuk mempertahankan ketahanan pangan.

Menanam palawija bahkan juga bertujuan agar bisa menekan kerugian yang dialami para petani akibat gagal panen karena kemarau panjang. Beberapa jenis tanaman palawija tersebut tentu saja bisa digunakan sebagai sumber pangan bagi masyarakat sendiri juga sekaligus penghasilan para petani Indonesia.

Selain hal tersebut, tanaman pangan yang tidak terlalu banyak membutukan pasokan air pastinya juga berguna untuk menambah stok pangan daerah. Salah satu jenis tanaman pangan yang paling diandalkan adalah jagung dan kedelai.

Perlu untuk diketahui juga, bahwa pada dasarnya tidak hanya jenis tanaman pertanian saja, juga ada beberapa jenis tanaman perkebunan yang bisa tumbuh dengan baik di musim kemarau. Contohnya seperti labu, semangka, blewah, dan melon. Meskipun masuk dalam definisi pertanian modern tetapi jenis tanaman palawija tersebut disebut dengan hortikultura.

Bahkan pada tanah kering pun para petani juga bisa menghasilkan produk yang bernilai tinggi, misalnya saja dengan menanam tanaman tebu dan tembakau.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam dengan baik di kondisi kering sekalipun, dan tidak butuh banyak pasokan air. Karena kemarau panjang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan, maka pada saat ini pula para petani bisa mulai menanam tanaman palawija dan buah seperti semangka, labu, dan lain-lain.

Sebagai tambahan informasi, perlu Anda tahu juga bahwa musim kemarau adalah musim di daerah-daerah tropis yang dipengaruhi sistem muson.

Disebut dengan musim kemarau karena curah hujan yang terjadi per bulannya dibawah 20 mm per dasarian dan ini terjadi selama 3 dasarian secara berturut-turut. Beberapa wilayah yang mengalami musim kemarau diantaranya Asia Tenggara, Asia Selatan, Australia bagian timur laut, dan Amerika Selatan.

Musim kemarau merupakan pasangan dari musim hujan dalam wilayah dwimusim. Musim kemarau yang terjadi dalam kurun waktu lama adalah musim kemarau yang sangat panas. Ada kaitannya dengan dunia pertanian, tentu saja akan ada beberapa keuntungan dan kerugian akibat musim kemarau.

Leave a Comment