Mengapa Petani Anggur Memotong Ujung Daun?

Mengapa Petani Anggur Memotong Ujung Daun?

Dilakukannya pemotongan ujung daun pada tanaman anggur tentu saja bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah sebagai upaya untuk manipulasi keadaan seperti di habitat aslinya. Namun untuk mengetahui jawaban lebih lengkapnya tentang mengapa petani anggur memotong ujung daun, mari simak selengkapnya di bawah ini.

Tanaman anggur adalah jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki 4 musim. Saat masuk musim gugur, biasanya seluruh daun dari tanaman anggur ini akan rontok. Namun ketika musim dingin, tanaman anggur akan memasuki masa dormant. Sementara itu saat musim semi, tanaman anggur kembali lagi tumbuh dengan membawa cluster bunga yang nanti akan menjadi buah anggur.

 

Tujuan Petani Anggur Memotong Ujung Daun

 

Pada dasarnya kegiatan pertanian anggur sudah cukup lama dilakukan, baik itu melalui benih atau bibit dan tanaman yang ditanam menggunakan sistem ekologi tanah yang ada kaitannya dengan geologi, budaya, iklim, dan lanskap. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya kebun anggur di Spanyol dan diperkirakan sudah diproduksi sejak 100 tahun silam.

Perlu untuk diketahui bahwa tidak hanya ujung daunnya saja yang dipotong tetapi juga pada sulur – sulur tanaman anggur yang menjalar agar tampak lebih rapi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sulur pada tanaman anggur ini ada pada para – para yang dibuat rapi agar terlihat indah. Selain hal tersebut, antara daun dengan dahan lebih baik tidak saling menaungi sebab itu diperlukan pemotongan tanaman anggur.

Pemotongan pada tanaman anggur ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk mendapatkan batang pokok tanaman anggur yang lebih kuat dan kekar, sehingga didapatkannya bentuk dasar tanaman anggur yang bagus, mendapat cabang dan ranting yang lebih subur juga sehat dalam jumlah banyak.

Tidak hanya itu, memotong ujung daun tersebut juga bertujuan agar bisa membentuk kerangka dasar tanaman sesuai sistem bentuk pohon yang diinginkan, mendapat tanaman anggur yang lebih berbunga dan berbuah juga bertandan banyak.

 

Cara Memotong atau Memangkas Pohon Anggur

 

Setelah tahu manfaat pemotongan ujung daun dan batang dari tanaman anggur tersebut, selanjutnya Anda juga harus tahu cara melakukan pemotongan tanaman anggur. Misalnya saja pada pemotongan bentuk tanaman anggur berikut, yang bertujuan untuk dapatkan pola atau bentuk tanaman anggur.

Pola tanaman buah anggur ini tentu saja dapat disesuaikan dengan bentuk para atau media untuk merambat tanaman anggur.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pemotongan pembuahan tanaman anggur ini harus dilakukan ketika tanaman anggur sudah berumur 1 tahun.
  • Hal penting yang harus dilakukan sebelum pemotongan adalah memberikan tanaman tersebut dengan pupuk dan memberikan pengairan yang cukup.
  • Sebelum mulai pemotongan tanaman anggur, silakan tunggu lebih dari 5 menit apabila memang tidak ada tetesan air maka proses pemotongan harus ditunda terlebih dulu. Lakukan pengairan kembali hingga ada tetesan di cabang yang hendak dipotong.
  • Anda bisa melakukan pemotongan dalam 2 tahap, yakni bulan April dan Agustus.
  • Silakan lakukan pemotongan dengan cara merontokkan daun – daun tanaman anggur sehingga yang tersisa hanya cabang produksi saja.
  • Cabang yang berukuran kecil adalah jenis cabang yang kurang sehat sehingga harus dipotong. Pemotongan cabang kecil pada tanaman anggur harus dilakukan lebih pendek dan disisakan 2 – 4 mata tunas.
  • Cabang sisa pemotongan bisa dibentangkan dan diatur secara merata di semua permukaan para. Setelah itu Anda ikat ke kanan dan kiri menggunakan tali rafia.
  • Setelah 10 – 14 hari setelah proses pemotongan biasanya akan tumbuh tunas baru.
  • Tiap – tiap tunas tersebut lebih baik dirawat 1 – 2 malai bunga, selebihnya bisa dibuang atau dipotong agar nanti buah anggur yang dihasilkan lebih bermutu.
  • Tunas baru yang tumbuh diruas yang sama sebaiknya dipotong atau diwiwil.
  • Setelah dilakukannya proses pemotongan Anda hanya perlu merawatnya dengan cara melakukan penjarangan buah anggur. Penjarangan ini dimaksudkan agar buah anggur yang dihasilkan lebih besar dan berkualitas.
  • Proses penjarangan buah anggur bisa dilakukan sebanyak 40 – 60 persen ketika anggur seukuran kedelai.

Demikian informasi mengapa petani anggur memotong ujung daun, untuk proses percepatan buah anggur.

Leave a Comment