Pepaya California

Cara Budidaya Pepaya California

Budidaya pepaya california yang memiliki bentukan hampir sama dengan pepaya biasa. Apalagi sebagian besar dari Anda mungkin belum pernah mendengar tentang pepaya california.

Tahukah Anda di mana letak perbedaannya? Pepaya california memiliki daging yang lebih tebal.

Selain itu, warna oranye dan rasa manisnya mengalahkan pepaya biasa. Tidak heran jika saat ini banyak yang tengah mencari cara budidaya pepaya california.

Tahapan Budidaya Pepaya California

Sebelum mengetahui cara budidaya pepaya california, perlu Anda pahami dulu bagaimana syarat penanaman yang harus disiapkan. Terutama soal kondisi tanah dan kondisi iklimnya. Untuk bisa membudidayakan pepaya california, ketinggian tanahnya harus berkisar 700 sampai 1000 mdpl.

Curah hujan yang dibutuhkan adalah 1000 mm hingga 2000 mm tiap tahunnya. Selain itu, perhatikan suhu lingkungannya. Suhu yang cocok adalah berkisar 22 sampai 26 derajat celsius. Setidaknya, tanah untuk budidaya memiliki pH 6 sampai 7, dengan keadaan tanah gembur.

Anda bisa menyimak tahapan budidaya pepaya california di bawah ini:

Bibit Pepaya California

Cara budidaya pepaya california yang pertama adalah penentuan bibit.

Pada proses awal ini, siapkan bibit berkualitas dan media tanamnya yang berupa polybag. Pastikan Anda membuat satu lubang dengan kedalaman 1 cm, pada bagian tengah polybag.

Anda hanya perlu menimbun biji bibit dengan tanah dan menunggu hingga bibit berkecambah, setelah polybag siap. Namun pastikan Anda selalu menyiram bibit ini setiap hari. Dalam waktu 45 hingga 60 hari, bibit berkecambah akan tumbuh sedikit lebih tinggi hingga 20 cm.

Jika sudah masuk fase tumbuhnya bibit ini, maka tumbuhan pepaya california siap ditanam di lahan yang lebih luas. Luasnya lahan bisa menyesuaikan dengan target skala budidaya Anda.

Proses Tanam Pepaya California

Usai bibit tumbuh dan siap ditanam, jangan secara langsung memindah ke lahan luas. Setidaknya, 15 hari sebelumnya Anda harus sudah siapkan lubang berjarak sebagai tempat tanam.

Ukuran jaraknya adalah sekitar 2,5 x 2,5 m. Sebelum memasukkan bibit ke lubang lahan, masukkan terlebih dulu pupuk kompos atau pupuk kandang ke dalamnya. Baru setelahnya Anda bisa tanam satu bibit yang telah tumbuh tersebut.

Lakukan penanaman saat sore hari, agar pertumbuhan pepaya lebih baik. Hal ini untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Perawatan Pohon Pepaya California

Anda akan dihadapkan pada 3 proses sekaligus dalam melakukan perawatan ini. Proses tersebut terdiri dari penyiangan, penyiraman, dan juga pembumbunan.

Pada proses penyiangan, yang harus Anda lakukan adalah mencabut dan membabat rumput yang menjadi pengganggu pertumbuhan pohon pepaya california. Hindari menggunakan herbisida agar tidak merusak pohon pepaya tersebut.

Proses selanjutnya adalah penyiraman. Proses ini dilakukan dengan menggunakan teknik penggenangan lahan. Biasanya proses ini dilakukan saat memasuki musim kemarau.

Terakhir adalah proses pembumbunan. Proses ini memiliki tujuan memperkokoh batang pohon pepaya dan merangsang pertumbuhan akar pohon.

Pemupukan

Pemberian pupuk awal, bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan jenis pupuk NPK hingga 200 gram pada tiap pohon. Setelah itu, lakukan pemupukan susulan.

Pemupukan susulan ini dilakukan saat pohon berusia 3 bulan. Yang harus Anda lakukan adalah menambah pupuk hingga 300 gram.

Saat beranjak ke usia 6, 9, dan 12 bulan, pemupukan dengan NPK ditambah hingga 500 gram. Selain itu juga ditambah dengan pupuk kandang dengan takaran 40 kg tiap pohon. Proses ini dilakukan hingga pohon menumbuhkan buahnya.

Saat buah telah tumbuh, Anda perlu memberikan pupuk akhir yang akan berpengaruh pada rasa pepaya dan daya tahannya. Pupuk yang diberikan adalah jenis pupuk KCI.

Pengendalian Hama

Pengendalian untuk setiap hama yang menyerang pepaya california ini, bisa Anda lakukan dengan mengandalkan larutan fungisida. Sedangkan, masa panen pepaya bisa Anda lakukan jika Anda telah melihat tanda matang pada buah.

Masa Panen Pepaya California

Tanda kematangan bisa dilihat dari adanya warna kekuningan di bagian ujung buah. Panen pepaya ini biasanya dilakukan tiap 10 hari sekali. Metode panennya juga mudah,.Anda hanya perlu memotong pangkal buah dengan pisau tajam atau sejenisnya.

Penting untuk diperhatikan, pepaya california yang telah Anda panen hendaknya Anda letakkan ditempat sejuk dan berlapis. Lapisannya bisa menggunakan koran atau plastik.

Ok, sekian artikel mengenai cara budidaya pepaya california yang publish di kategori Budidaya, semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment