Pertanian 4.0

Apa Itu Pertanian 4.0? Ketahui Fakta Menariknya di Era Revolusi Berikut!

Tahukah Anda apa itu pertanian 4.0? Bisa dibilang, ini merupakan era baru, dimana semua aspek kehidupan akan didominasi oleh kecanggihan teknologi, pemanfaatan teknologi artificial intelligence, dan terutamanya penggunaan internet.

Disadari atau pun tidak, internet sudah semakin mewabah dikehidupan modern seperti sekarang.

Menariknya, ternyata dunia pertanian juga tak luput terkena dampak dari revolusi 4.0 tersebut. Ini adalah salah satu sumber ekonomi terbesar di Indonesia.

Tentu saja untuk menghadapi hal tersebut, Kementerian Pertanian harus melakukan berbagai macam upaya. Tujuannya tidak lain agar sektor pertanian di Indonesia siap menghadapi era besar tersebut.

Dengan begitu pertanian di Indonesia mampu menunjang produksi pangan dan proses pendistribusian pun juga jadi lebih lancar lagi.

Serba-Serbi Pertanian 4.0 di Indonesia

Salah satu upaya pemerintah dalam penghadapi pertanian 4.0 di era revolusi adalah dengan membuat aplikasi yang berbasis online, seperti aplikasi Smart Farming, Katam, Smart Irrigation, Si Mantap, dan Smart Green House.

Dengan aplikasi tersebut maka akan memudahkan para petani Indonesia dalam mengelolah lahan pertaniannya dengan cara yang baik dan benar. Hal ini juga ditujukan khusus untuk menunjang efisiensi dan meningkatkan produksi hasil pertanian.

Tidak hanya itu, Kementerian Pertanian ternyata juga akan kembangkan berbagai macam inovasi dalam menghasilkan mesin pertanian yang tentu saja jauh lebih canggih dari sebelumnya.

Beberapa contoh mesin pertaniannya diantaranya traktor tanpa operator, robot grafting, dan pesawat drone untuk deteksi unsur hara yang ada di dalam tanah. Dengan teknologi terkini tersebut diharap agar produksi pertanian di Indonesia dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Kementerian Pertanian juga akan mendirikan bendungan untuk dukung ketahanan pangan nasional. Bendungan ini nanti akan menjadi sumber irigasi dan pengendalian banjir.

Adanya ketahanan pangan nasional tentu saja diharapkan agar bisa memenuhi ketersediaannya sumber makanan pokok bagi masyarakat Indonesia sendiri.

Fakta Menarik Pertanian 4.0 di Era Revolusi

Jika berbicara tentang revolusi pertanian 4.0 berikut beberapa fakta menarik yang perlu Anda simak tentang dunia pertanian di era revolusi.

Pertanian 4.0 di Indonesia belum terlalu mendominasi

Yang terjadi di Indonesia ternyata belum mendominasi meskipun pernah dilaksanakan.

Penerapan pertanian 4.0 ternyata lebih mendominasi di Eropa. Hal tersebut dikarenakan adanya bencana demografi. Ini merupakan suatu keadaan dimana jumlah penduduk yang berusia produktif jauh lebih sedikit dari penduduk yang berusia non-produktif.

Makanya tenaga mereka pada akhirnya digantikan oleh teknologi.

Berbanding terbalik dengan di Indonesia, dimana kita alami bonus demografi. Pertanian tradisional di Indonesia ternyata masih cukup banyak ditemukan.

Makanya, revolusi pertanian 4.0 belum terlalu dirasakan.

Petani bisa manfaatkan proses on farm dan off farm

Perlu untuk diketahui juga bahwa saat ini teknologi mobile bisa digunakan sebagai inovasi pertanian dengan sangat baik sekali.

Tujuannya, untuk tingkatkan peluang petani pada saat ingin mengakses berbagai macam bentuk informasi yang ada kaitannya dengan komoditas pertanian.

Misalnya saja seperti harga bibit, harga komoditas di pasaran, prediksi masa tanam, pemasaran produk tani, dan lain sebagainya.

Salah satu teknologi yang ada kaitannya dengan hal tersebut adalah aplikasi Pak Tani Digital yang tentu saja bisa Anda download dan instal secara gratis di Play Store.

Apabila menilik lebih jauh lagi mengenai pertanian 4.0 di era revolusi, ternyata ada dua proses yang bisa dilakukan dalam pemanfaatan teknologi mobile, yakni proses on farm dan off farm yang dibuat khusus untuk tingkatkan kualitas sektor pertanian.

Dimana dalam proses on farm sendiri aplikasi digunakan untuk mengontrol tanaman dengan mudah dan praktis dari jarak jauh.

Sementara itu untuk proses off farm digunakan dalam proses pemasaran serta penelusuran rantai pendistribusian.

Kementerian Pertanian siapkan rencana pengembangan pertanian

Untuk menghadapi era revolusi 4.0, Kementerian Pertanian telah siapkan rencana pengembangan pertanian yang lebih baik lagi.

Adapun perencanaan yang dimaksud diantaranya sebagai berikut.

  • Pengembangan dunia teknologi untuk produksi hasil yang berbeda menggunakan teknik baru.
  • Teknologi yang digunakan untuk tingkatkan efisiensi rantai pangan.
  • Pengembangan kolaborasi teknologi juga aplikasi lintas industri pertanian.

Ada beberapa inovasi yang mulai dikembangkan Kementerian Pertanian, seperti mobile internet, cloud computing, dan artificial intelligence.

Nah, semoga dengan adanya artikel singkat tentang Pertanian 4.0, dapat menjadi gambaran ke depan untuk pengembangan petani digital.

Leave a Comment