Pertanian Berkelanjutan

Apa Itu Pertanian Berkelanjutan?

Jika berbicara mengenai pertanian berkelanjutan, tahukah Anda apa itu pertanian berkelanjutan? Ini merupakan suatu gerakan di bidang tani yang menerapkan prinsip-prinsip ekologi.

Pertanian berkelanjutan juga dapat didefinisikan sebagai study yang ada kaitannya antara organisme dengan lingkungan.

Selain itu, pertanian berkelanjutan bahkan menjadi sebuah sistem yang terintegrasi antara praktik produksi tanaman juga hewani dalam sebuah lokasi dan dalam jangka panjang.

Adapun fungsi pertanian berkelanjutan diantaranya sebagai berikut

  • Untuk penuhi kebutuhan pangan dan serat manusia
  • Untuk tingkatkan kualitas lingkungan dan sumber daya alam
  • Untuk meningkatkan kualitas hidup petani dan masyarakat
  • Untuk menggunakan sumber daya yang telah tersedia di lahan pertanian

Mengetahui Konsep Pertanian Berkelanjutan

Pertanian berkelanjutan atau sustainable agriculture juga dapat diartikan sebagai konsep pembangunan berkelanjutan pada sektor pertanian.

Konsep yang akan diterapkan pada pertanian berkelanjutan ini nanti akan bertumpu pada 3 pilar, yakni ekonomi, sosial, dan ekologi.

Konsep tersebut bahkan berorientasi pada 3 dimensi keberlanjutan, diantaranya sebagai berikut.

Dimensi Kehidupan Sosial Manusia

Pada dasarnya pada dimensi keberlanjutan yang pertama ini tidak hanya membahas tentang kehidupan sosial manusia, tetapi juga mengenai ekologi alam dan pilar triple-p.

Segitiga pilar pertanian berkelanjutan tersebut ada kaitannya dengan konsep maksimisasi aliran pendapatan yang bisa didapatkan dengan cara mempertahankan aset produktif, untuk kemudian dijadikan sebagai basis dalam mendapatkan pendapatan.

Selain itu, salah satu hal yang menjadi indikator utama dalam dimensi berikut adalah tingkatan efisiensi ekonomi dan daya saing yang juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan nilai tambah, tak terkecuali mengenai laba dan stabilitas ekonomi.

Dimensi Sosial

Berikutnya ada dimensi sosial yang membahas mengenai orientasi kerakyatan. Dimensi tersebut ada kaitannya dengan kebutuhan masyarakat akan kesejahteraan sosial yang dicerminkan kehidupan sosial yang harmonis.

Tujuan dari diterapkannya dimensi sosial tak lain untuk mencegah terjadinya konflik sosial, preservasi keberagaman budaya, dan modal sosial kebudayaan, tidak terkecuali mengenai perlindungan terhadap suku minoritas.

Dimensi Lingkungan

Untuk yang terakhir ini lebih menekankan pada kebutuhan akan stabilitas ekosistem alam, dimana dalam hal ini mencakup mengenai sistem kehidupan biologis dan materi alam.

Dimensi lingkungan juga mencakup mengenai terpeliharanya keberagaman hayati dan daya lentur biologis, sumber air dan agroklimat, kesehatan dan kenyamanan lingkungan, serta sumber daya tanah.

Manfaat dan Dampak Pertanian Berkelanjutan

Manfaat pertanian berkelanjutan ini pada dasarnya ada banyak sekali. Sesuatu yang memiliki konsep berkelanjutan seperti ini pada dasarnya lebih cocok apabila dibahas dengan cara memperhatikan waktu. Sebab, memang manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Setidaknya ada beberapa manfaat utama dari diterapkannya pertanian berkelanjutan, yakni

  • Produksi hasil tani jadi lebih stabil di sepanjang tahun
  • Bisa mencegah terjadinya kerusakan lingkungan
  • Mendatangkan keuntungan ekonomi, misalnya berupa penghematan biaya, hasil produksi tani jadi lebih sehat, dan tingkat kelestarian ekologi pun turut terjaga.

Maka dari itu, biasanya dalam dunia pertanian berkelanjutan akan ada banyak sekali menggunakan musuh dan predator alami pada hama, dengan begitu ekosistemnya tetap lestari.

Tentu saja akan ada banyak sekali manfaat pertanian yang menerapkan konsep berkelanjutan, baik itu bagi para petani, ekologi, maupun ekonomi.

Produksi yang terjadi secara terus menerus dari waktu ke waktu adalah salah satu kunci utamanya.

Ada kaitannya dengan populasi manusia yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, tentu saja yang demikian ini membuat kebutuhan akan lahan pertanian dan produksinya terus alami kenaikan.

Penerapan sustainable agriculture adalah salah satu solusi paling tepat untuk ketahanan pangan, energi, dan lain-lain di masa depan. Tingkat ketahanan ekonomi menjadi dasar bagi terjaminnya kesejahteraan manusia.

Makanya, dengan menerapkan pertanian berkelanjutan maka upaya untuk menjadikan kehidupan manusia yang sejahtera semakin besar peluangnya.

Penerapan pertanian berkelanjutan diyakini bisa menjadikan suatu lahan bisa berproduksi dengan baik dan stabil di sepanjang tahun. Prinsip ramah lingkungan pun mampu diusung dengan sangat baik hingga akhirnya membuat suatu lahan pertanian bisa digunakan berproduksi tanpa adanya kendala.

Kondisi yang seperti ini tentu saja akan berdampak pada kestabilan ekonomi, sebab memang tidak terjadi pasang surut komoditas yang signifikan.

Leave a Comment