Pertanian Hidroponik

8 Kelebihan Sistem Pertanian Hidroponik

Pertanian hidroponik sudah menjadi tren dan berkembang secara signifikan. Bukan hanya karena mampu mengatasi keterbatasan lahan, tetapi juga karena bisa menopang ketahanan pangan. Tentunya akan sangat terasa terutama di saat semua bahan pokok serba mahal.

Hal lain yang membuat hidroponik menjadi primadona adalah kelebihan yang dimilikinya dibandingkan dengan bercocok tanam secara konvensional.

Berikut beberapa kelebihan dari penerapan sistem pertanian hidroponik.

Hasil Panen Optimal

Menanam dengan menggunakan sistem hidroponik membuat sayuran maupun buah tumbuh secara maksimal karena mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu gangguan dari gulma maupun tanaman liar tidak dialami tanaman hidroponik, karena media tanamnya bukan tanah.

Dengan minimnya gulma maka penyerapan nutrisi menjadi optimal dan sayur maupun buah bisa lebih subur dan tumbuh dengan baik.

Tanaman hasil hidroponik juga lebih sehat.

Hemat Pemakaian Air

Ketika menanam dengan teknik hidroponik, pemakaian air terutama ketika penyiraman lebih sedikit kuantitasnya jika dibandingkan dengan ketika menggunakan teknik konvensional. Hal ini disebabkan media tanam yang tidak begitu luas.

Dengan demikian, air yang disiramkan hanya seperlunya saja, yaitu sebesar bidang media tanam dan tidak perlu hingga basah. Malahan yang dibutuhkan hanya kondisi lembab. Tentunya ini menghemat lebih banyak air.

Pertumbuhan Lebih Cepat

Dibandingkan ketika ditanam dengan cara umum, tanaman hasil hidroponik memang lebih cepat tumbuh. Hal ini dikarenakan nutrisi yang diterima bisa diukur dan efektif terserap. Selain itu, minimnya serangan hama serta penyakit membuat tanaman bisa fokus untuk tumbuh.

Tingkat pertumbuhan tanaman hidroponik bisa 30 – 50% lebih cepat. Rata-rata hanya butuh waktu hingga 1 bulan sebelum sayur dan buah bisa dipanen.

Nutrisi Efektif Diserap

Ruang lingkup media hidroponik tidak seluas ketika menggunakan pekarangan sebagai lahan tanamnya. Hal ini membuat nutrisi yang diberikan untuk tanaman pun terpusat dalam media tanam saja dan tidak menyebar ke luar.

Hasilnya adalah nutrisi tersebut bisa langsung kena dan terserap akar tanaman. Kuantitas larutan nutrisi yang diperlukan pun tidak perlu banyak, hanya secukupnya untuk tiap wadah tanam saja.

Akar juga tidak perlu mencari unsur hara terlalu jauh karena sudah tersedia dekat dan tinggal diserap.

Efisiensi Pestisida

Instalasi hidroponik memang terbilang lebih bersih dibandingkan dengan lahan pada umumnya. Hal ini menekan tingkat serangan hama dan penyakit, sehingga penggunaan bahan-bahan kimia seperti pestisida, fungisida dan lain sebagainya juga menjadi berkurang.

Selain itu, sistem organik cocok digunakan untuk metode penanaman organik dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk mempersiapkannya. Hal ini membuat tanaman lebih sehat untuk dikonsumsi.

Perawatan Lebih Efisien

Penanaman dengan sistem hidroponik memang lebih efisien dan menghemat waktu serta tenaga. Hal ini dikarenakan sistem ini diatur sedemikian rupa agar bisa sesuai dengan kondisi petani. Jadi bukan pertani yang menyesuaikan lahan, tetapi sebaliknya.

Dengan demikian lahan menjadi lebih rapi dan secara perawatan menjadi lebih sistematis. Lahan yang diolah juga tidak terlalu luas, hanya sebatas dari rangka instalasi itu sendiri. Pemupukan, penyiraman serta perawatan ketika hama menyerang juga lebih sedikit.

Tidak Membutuhkan Tanah

Keunggulan yang paling banyak diketahui dan menjadi daya tarik utama hidroponik adalah tidak memerlukan lahan dan tanah yang luas. Anda bahkan bisa menanam di balkon rumah yang sempit.

Cukup dengan instalasi secara vertikal, maka bisa mendapatkan tanaman dalam jumlah memadai. Ini merupakan terobosan keren di dunia pertanian.

Selain itu, Anda juga tidak perlu menyiapkan tanah untuk diolah. Jika dalam pertanian konvensional Anda harus menunggu sesaat setelah lahan digemburkan sebelum ditanami, sistem hidroponik menawarkan cara yang lebih cepat.

Lebih Hemat

Sistem hidroponik juga menawarkan efisiensi yang lebih banyak dibandingkan dengan cara konvensional. Anda bisa menghemat biaya karena irit pengolahan lahan, irit pupuk dan air, serta lebih irit dalam perawatan.

Usia panen yang lebih pendek juga membuat Anda menghemat lebih banyak waktu. Proses persiapan untuk menanam dengan sistem hidroponik ini juga tidak membutuhkan biaya yang terlampau banyak.

Menggunakan cara pertanian hidroponik sekarang ini sudah menjadi semacam kebutuhan. Siapapun bisa berkebun dan menikmati hasil yang segar dengan mudah.

Selain itu, kesehatan juga lebih terjamin karena bisa mendapatkan sayuran segar setiap hari.

Baca : Manfaat hidroponik yang jarang kita ketahui

Baiklah, sekian informasi mengenai beberapa kelebihan dari sistem pertanian hidroponik yang dijelaskan di atas, semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment