Tanaman

12 Tanaman Anti Nyamuk & Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Saat ini banyak obat anti nyamuk kimia yang dijual bebas, walaupun khasiatnya ampuh tapi sering juga menimbulkan iritasi. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa pilih tanaman anti nyamuk pastinya minim efek samping.

Anda hanya perlu memanfaatkannya dengan cara yang tepat.

Penggunaan obat nyamuk alami memang sedang digalakkan kembali, apalagi untuk bahannya sangat mudah ditemukan. Proses penggunaannya juga mudah, tanpa harus sehingga tak butuh ahli farmasi meraciknya untuk Anda.

Bagi Anda yang butuh referensi tanaman yang bisa dijadikan pengusir nyamuk, 12 pilihan berikut sudah teruji dan terbukti berhasil membuat nyamuk kabur dari rumah.

Serai

Serai

Serai memiliki beberapa jenis, ada yang biasa digunakan untuk bumbu masakan dan ada juga yang ditanam untuk menghiasi pekarangan rumah.

Nah, Anda pilih serai wangi yang jadi tanaman hias karena aromanya sangat tidak disukai nyamuk.

Bentuk daunnya memanjang, runcing di bagian ujung dan tipis. Bisa didapatkan dengan mudah di kawasan tropis seperti Indonesia, perawatannya juga sangat mudah selama ditanam dengan cara yang tepat.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menjadikannya tanaman hias dalam pot kecil. tempatkan di bagian teras rumah, di dekat jendela, atau dihancurkan bersama tambahan minyak atau aromatik untuk dijadikan aromaterapi.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bumbu masakan dengan aroma cukup menyengat ini, ternyata juga bisa dijadikan pengusir nyamuk yang relatif ampuh.

Jika biasanya Anda menggilingnya atau mencincang kemudian dicampurkan ke dalam masalah, sekarang fungsinya bisa bertambah.

Cukup dengan mengupas kulitnya, kemudian geprek sampai aromanya keluar lalu letakkan di bagian rumah yang biasanya menjadi tempat persembunyian nyamuk.

Secara alami, nyamuk akan pergi karena aroma menyengat dari bawang putih yang tidak disukai nyamuk.

Selain bawang putih, sejumlah bawang lain juga sangat tidak disukai nyamuk. Kandungan zat di dalamnya yang menimbulkan aroma khas, merupakan pengusir nyamuk alami.

Apabila Anda sedang tidak punya stok bawang putih di rumah, bisa diganti dengan bawang bombay kucai, atau dan bawang dengan cara pakai yang sama.

Lavender

Lavender

Jika Anda bisa membeli produk anti nyamuk spray atau berbentuk krim, akan tersedia aroma lavender yang memang sangat identik dengan pengusiran nyamuk.

Lavender juga jitu menjadi “senjata”, untuk menghalau lalat dan serangga lainnya dari dalam rumah Anda.

Cara memanfaatkannya, tinggal menanam bunga lavender di beberapa bagian penting indoor hunian Anda. Terutama di dekat jendela dan pintu yang sering digunakan, maka nyamuk enggan masuk karena sudah dihalangi oleh aroma tanaman ini.

Bisa juga dengan menumbuk bunganya hingga halus, kemudian peras pati bunga tersebut campurkan dengan alkohol sebagai semprot nyamuk alami di malam hari.

Marigold

Marigold

Tanaman yang disebut juga dengan nama bunga gemitir ini, sering digunakan sebagai bagian dari ritual keagamaan di Pulau Dewata Bali. Warnanya kuning cerah dan aromanya juga sangat khas.

Anda bisa menjadikannya tanaman hias di bagian luar atau dalam rumah, sekaligus mengusir nyamuk yang mengganggu.

Beberapa kandungan dari bunga ini, mampu membuat nyamuk menghindar bahkan pusing secara alami, sehingga tidak berani berlama-lama di sekitar rumah Anda.

Catnip

Catnip

Tanaman ini memang dikenal bisa membuat kucing mabuk, tapi untuk mengusir nyamuk bisa sangat efektif. Aromanya yang mirip dengan daun mint, juga tidak disukai oleh berbagai jenis serangga seperti semut, lalat, hingga kecoa.

Cukup dengan mengandalkan tanaman ini sebagai tanaman di sekitar area pekarangan, sudah bisa mengusir berbagai jenis serangga yang sering menginvasi rumah Anda.

Catnip juga bisa dijadikan aromaterapi di area dalam rumah, dengan memetik daunnya dan membiarkannya mengeluarkan aroma khasnya yang akan mengusir nyamuk.

Mint

Mint

Sangat mudah untuk menemukan daun dengan aroma segar dan sering dijadikan campuran dalam obat-obatan ini.

Daun dengan sejuta manfaat ini, juga sangat direkomendasikan sebagai tanaman anti nyamuk & pengusir nyamuk paling ampuh di rumah maupun kantor.

Anda bisa menggunakannya, dengan memasukkannya ke dalam diffuser untuk menjaga kelembaban udara di dalam ruangan. Bisa juga dengan memadukannya dengan air  atau minyak zaitun sebagai obat semprot nyamuk alami.

Kemangi

Kemangi

Bagi yang suka pecel ayam dan lele, pasti tak asing dengan tanaman yang satu ini. Bagian daunnya memiliki aroma khas dan rasanya sangat segar, ketika dicocol dengan sambal terasi. Kemangi juga bisa jadi pengusir nyamuk dengan menanamnya di kebun Anda.

Jika Anda tinggal di lahan sempit dan tidak memiliki ruang untuk tanaman, bisa membeli daun kemangi. Manfaatkan, dengan cara menghancurkannya dan ditaruh di bagian-bagian rumah yang rentan dihinggapi nyamuk.

Pemakaian rutin dari daun ini di rumah Anda, bisa menghilangkan nyamuk secara permanen. Tak perlu lagi membeli produk anti nyamuk, yang mungkin saja tidak aman bagi kulit dan mata Anda.

Sage

Sage

Tanaman asal Mediterania ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, Anda bisa memilihnya untuk jadi tanaman pengusir nyamuk. Aromanya sebenarnya wangi, tapi nyamuk tidak menyukainya.

Tanam sage sebagai bagian dari rerumputan di kebun Anda, agar aroma di sekitar rumah jadi wangi dan bebas nyamuk.

Jika Anda sulit menemukan daun segarnya, tinggal memanfaatkan daun keringnya yang ditumbuk halus dan dijadikan semprot anti nyamuk alami.

Rosemary

Rosemary

Tanaman ini sering dijadikan rempah untuk masakan Eropa, aromanya khas mirip dengan aroma kayu cendana dan sejenisnya. Kalau Anda suka bercocok tanam, maka bisa menjadikannya salah satu tanaman indoor yang membantu mengusir nyamuk.

Rosemary juga bisa dijadikan aromaterapi, dengan memadukan daun keringnya dengan minyak aromaterapi. Ruangan jadi wangi dan bebas nyamuk semalaman.

Geranium

Geranium

Nama lainnya adalah tapak dara, memiliki sejumlah warna bunga yang mencolok seperti merah, kuning, hingga merah muda.

Salah satu yang membuatnya ditakuti nyamuk adalah, kandungan sitronelol dan geraniol yang menghasilkan bau wangi tapi menyengat bagi nyamuk.

Tanaman ini sangat multifungsi, selain jadi tanaman pengusir nyamuk juga cocok sebagai tanaman hias di dalam rumah. Warnanya yang sangat indah dan berukuran kecil-kecil, akan menambah suasana ceria di sebuah ruangan.

Selasih

Selasih

Bukan bijinya yang dijadikan pengusir nyamuk, dimana bagian tanaman tersebut sering dipakai sebagai penyempurna minuman.

Daun selasih hitamlah, yang bisa jadi pilihan selanjutnya dari tanaman anti nyamuk & pengusir nyamuk paling ampuh di rumah Anda.

Cara pakainya sangat mudah, cukup menempatkan daun selasih hitam di dalam media terbuka lalu biarkan aromanya memenuhi udara di dalam ruangan.

Nyamuk akan pergi karena tidak tahan dengan aroma tersebut. Bahkan pada beberapa kasus, ada yang menyebabkan nyamuk jatuh akibat pusing, karena terlalu banyak menghirup aroma daun ini.

Bee Balm

Bee Balm

Nama lainnya adalah monarda, sering dijadikan tanaman hias karena bentuk bunganya yang unik. Tanaman ini sangat disukai oleh lebah dan kupu-kupu, namun menjadi musuh besar bagi nyamuk yang tidak menyukai aroma khas tanaman ini.

Untuk memanfaatkan aromanya, Anda bisa menjadikannya bagian dari deretan tanaman hias di halaman depan dan belakang rumah. Di dalam rumah, juga bisa ditempatkan satu pot kecil bee balm untuk memberi nuansa beda pada ruangan.

Dari 12 tanaman pengusir nyamuk di atas, semoga bisa didapatkan dengan mudah di sekitaran lingkungan Anda.

Klik 2x Selengkapnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button