Tanaman Dataran Rendah : Ciri, Jenis, Contoh dan Gambar

Bagaimana ciri dari tanaman dataran rendah? Tanaman yang cocok di dataran rendah apa aja? Namun perlu diketahui bahwa cara bercocok tanam di dataran rendah terbilang mudah, sebab memang memiliki permukaan tanah atau lahan yang rata.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah apa itu dataran rendah?

Dataran rendah, pada dasarnya terdiri dari dua kata, yakni “dataran” dan “rendah”. Pengertian dataran rendah sendiri adalah bagian permukaan bumi yang datar, bahkan mendekati rata atau landai.

Dataran rendah juga didefinisikan sebagai hamparan tanah yang lapang dan memiliki ketinggian relatif rendah. Itu sebab diberi nama sebagai dataran rendah. Biasanya dataran rendah ini memiliki tinggi hanya 200 meter dari permukaan laut.

Adapun ciri-ciri dataran rendah diantaranya sebagai berikut.

Ciri Dataran Rendah

Memiliki tekstur yang lebih beragam

Ciri dataran rendah pertama adalah teksturnya yang beragam. Hal tersebut akibat letaknya yang dekat dengan permukaan laut. Tetapi biasanya tekstur tanah di dataran rendah lebih gembur, sehingga ideal untuk bercocok tanam. Apapun jenis tumbuhan pasti akan tumbuh subur dan sehat di dataran rendah yang subur.

Tetapi demikian tekstur tanah di dataran rendah Kalimantan ternyata mengandung gambut, sehingga lebih sulit dijadikan sebagai lahan bercocok tanam. Namun Anda bisa menanam beberapa jenis pohon tertentu saja di tempat tersebut.

Umurnya terbilang muda

Ciri selanjutnya yang membedakan dataran rendah dengan dataran tinggi adalah dalam hal umurnya yang ternyata masih sangat muda. Bahkan kemungkinan tingkat ketebalannya pun bisa bertambah dari waktu ke waktu.

Memiliki kandungan unsur hara yang tinggi

Jangan heran jika tanah di dataran rendah terbilang lebih subur, sebab memang memiliki kandungan hara yang tinggi. Beberapa tanah dengan kandungan unsur hara yang tinggi biasanya berada di dekat sungai – sungai. Adapun jenis tumbuhan yang bisa ditanam seperti, palawija, padi, dan lain sebagainya.

PH yang sangat beragam

Keuntungan lain yang ditawarkan tanah pada dataran tinggi di wilayah Indonesia khususnya adalah PH yang terkandung di tanah tersebut juga bervariasi, ada yang asam, netral, dan basa. Dataran rendah yang cocok dijadikan sebagai lahan bercocok tanam adalah yang memiliki PH netral 6.5 – 7.5.

Manfaat Dataran Rendah

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari lahan di dataran rendah, salah satunya adalah pada lahan kering ini misalnya. Anda bisa menggunakannya untuk bercocok tanam semua jenis tanaman. Contohnya sayur mayur, palawija, jagung, dan berbagai bumbu dapur.

Lain halnya pada sawah irigasi di dataran rendah, Anda bisa memanfaatkannya untuk menanam gandum, padi, dan tanaman lain sejenisnya.

Lalu pada lahan perkebunan di dataran rendah bisa ditanami beberapa tanaman kebun, seperti kelapa sawit, tebu, buah, dan lain – lain. Pemanfaatan lahan di dataran rendah yang satu ini tentu butuh biaya pengelolaan yang tidak sedikit dibandingkan pengelolaan yang lain. Bahkan lahan yang dibutuhkan pun cukup besar, tetapi hasilnya bernilai ekonomis yang cukup tinggi.

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan lahan di dataran rendah untuk peternakan. Ini merupakan salah satu pilihan menarik untuk memanfaatkan lahan di dataran rendah, Anda bisa mencoba menernakan unggas, kerbau, kambing, atau sapi.

Contoh Tanaman Dataran Rendah

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam di lahan dataran rendah, diantaranya sebagai berikut.

Padi

Padi

Padi dikenal sebagai jenis tanaman yang hanya bisa hidup di lahan dataran rendah, itu artinya Anda bisa menanamnya di lahan dataran tinggi. Biasanya padi akan tumbuh dengan baik di suhu 36 derajat celcius, dan dengan curah hujan sedang.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa jenis tanaman yang cocok ditanam pada musim hujan adalah tanaman tersebut.

Kelapa

Kelapa

Selanjutnya ada kepala yang juga banyak sekali ditemukan di tanah dataran rendah, sebab memang hanya bisa tumbuh di daerah dataran rendah. Kelapa bahkan cocok ditanam di tepi pantai untuk menghalau angin pantai yang menuju kearah daratan.

Sehingga, kalau ada pertanyaan mengenai jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah pantai diantaranya adalah tanaman tersebut. Yang merupakan satu di antara banya tumbuhan yang hidup di pantai.

Pisang

Pisang

Berbuah di sepanjang tahun, pisang juga masuk dalam daftar jenis tumbuhan yang baik untuk ditanam di dataran rendah. Selain mudah dalam proses penanamannya, pisang juga tidak butuh perawatan khusus.

Selain itu juga masih ada banyak lagi jenis tanaman dataran rendah yang harus Anda ketahui, karena tanah pertanian di dataran rendah sangat cocok untuk ditanam tanaman seperti berikut ini :

  • Jagung
  • Wortel
  • Pinus
  • Kubis
  • Kentang

Baca : Perbedaan Dataran Rendah dan Dataran Tinggi

Pertanyaan :

Tanaman yang tumbuh di dataran rendah, tanaman yang hidup di dataran rendah, tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah, tanaman buah yang cocok untuk dataran rendah semuanya ini semoga terjawab ya di artikel tanaman dataran rendah!

Leave a Comment