4 Cara Ternak Ayam Kampung Yang Baik

Ayam kampung merupakan jenis ayam yang cukup menjanjikan. Baik itu untuk konsumsi sendiri, maupun untuk dijual di pasaran. Banyak orang berkeinginan untuk beternak ayam kampung.

Namun karena satu dan lain hal, banyak orang menjadi lalai saat memelihara ayam kampung tersebut.

Alhasil, ternak ayam kampung tersebut pun tidak menghasilkan untung besar.

Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin ternak ayam kampung, maka ketahui dulu cara ternak ayam kampung yang baik dan benar.

Belajar ternak ayam kampung merupakan upaya yang sangat bagus untuk Anda bisa meraih keuntungan dengan baik.

Ada tahapan-tahapan yang harus Anda perhatikan dengan baik, untuk ternak ayam kampung. Termasuk memilih ayam yang akan diternakkan.

Cara Ternak Ayam Kampung Yang Baik

Untuk mempercepat proses, sebaiknya belilah ayam kampung bukan induk, yang mana ayam masih dalam keadaan baru menetas.

Kecilnya modal ayam kampung ini, nantinya bisa lebih Anda maksimalkan dalam mengembangkan kualitas ayam kampung Anda.

Beberapa cara ternak ayam kampung di bawah ini bisa Anda catat dengan baik :

Memilih Bibit Untuk Ternak Ayam Kampung

Cara ternak ayam kampung, diawali dengan pemilihan bibit terbaik. Bibit yang dimaksud tak lain adalah anak ayam kampung yang akan dirawat dan dikembangkan. Jenis anak ayam kampung yang terbilang unggul adalah joper.

Apa itu ayam joper? Ayam joper ini masih termasuk dalam keluarga ayam kampung. Bedanya dengan ayam kampung lain, joper memiliki kemampuan pertumbuhan yang lebih cepat.

Jenis ayam kampung yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai bibit ternak ayam kampung, apabila melihat kelebihan tersebut. Untuk jumlah anak ayam yang harus dirawat, bergantung pada kemampuan luas kandang yang Anda siapkan.

Pengaturan Kandang

Memanajemen atau pengaturan kandang sangat perlu Anda perhatikan. Kandang menjadi media penting ternak ayam yang harus Anda perhatikan dengan baik. Sebenarnya ada banyak jenis kandang.

Ada banyak pilihan jenis kandang, namun kebanyakan peternak ayam menggunakan jenis kandang postal. Kandang postal yang digunakan adalah postal panggung. Kandang ini dibuat setinggi kisaran 2 meter, jauh dari tanah.

Kandang postal ini akan meminimalisir terjangkitnya ayam dari bakteri kotoran ayam itu sendiri. Mengapa demikian? Hal ini karena kotoran ayam akan secara langsung jatuh ke tanah. Sehingga kotoran tidak bisa mengontaminasi ayam itu sendiri.

Anda juga bisa menggunakan postal litter selain postal panggung. Jenis kandang ini dilengkapi dengan lapisan kapur dan sekam yang berguna untuk meminimalisir perkembangan penyakit akibat kotoran ayam.

Kandang postal litter memiliki alas tanah liat dan tidak berpanggung.

Perawatan Ternak Ayam Kampung

Anda harus menyiapkan pakan berkualitas dan obat-obatan alami dalam merawat ayam kampung. Hal ini dimaksudkan agar hasil ayam kampung yang diternak juga memiliki kualitas tinggi.

Jenis pakan yang bisa Anda gunakan untuk ayam kampung adalah seperti, daun lamtoro, dedak, daun pepaya, dan lain-lain. Beberapa jenis pakan tersebut memiliki kualitas baik untuk pertumbuhan ayam kampung Anda.

Pakan tersebut bahkan dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan ayam. Dosis pemberian pakan pada ayam, bisa Anda lakukan 3 kali dalam sehari. Ayam yang sudah masuk usia 3 bulan ke atas, sebaiknya Anda beri pakan campuran.

Pakan campuran ini terdiri dari pakan alami dan pakan pabrik, agar ayam lebih terpenuhi nutrisinya. Sedangkan ayam dengan usia di bawah 2 bulan, hanya perlu diberi pakan pabrik.

Tidak hanya kondisi pakan ayam saja yang perlu Anda perhatikan, kondisi kandang ayam juga perlu Anda perhatikan dengan baik. Pastikan kandang selalu dalam keadaan bersih, agar ayam tidak lantas cepat sakit karena bakteri kotoran.

Kegiatan membersihkan kandang, bisa Anda lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu. Namun jika kandang tidak terlalu kotor, Anda bisa membersihkannya dua kali saja dalam seminggu atau sesuai kebutuhan.

Pemasaran Ayam Kampung

Ayam kampung dipasarkan ketika sudah mencapai bobot panen, Saat ayam kampung Anda sudah layak panen dengan kualitas terbaiknya, maka Anda bisa jual ayam tersebut

Sebaiknya Anda jual ayam tersebut kepada pemasok ayam yang memang menawar dengan harga tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada keuntungan yang akan Anda peroleh.

Demikian tulisan mengenai cara ternak ayam kampung yang baik yang publish di kategori Peternakan.

Leave a Comment