Tanaman

Upaya Pelestarian Flora dan Fauna di Indonesia

Upaya pelestarian flora dan fauna bukan saja kewajiban dari pemerintah, tapi semua pihak termasuk Anda. Banyak upaya yang bisa dilakukan, untuk melakukan upaya tersebut.

Karena kita sadar, semakin lestarinya flora dan fauna di Indonesia tentu berdampak positif bagi kehidupan.

Beberapa upaya pelestarian flora fauna adalah berikut ini :

Stop Perburuan Liar

Saat ini masih banyak dilakukan perburuan liar terhadap berbagai jenis fauna, hal itu dilakukan untuk kepentingan komersial pihak tertentu. Kasus yang sempat mencuat, seperti perburuan simpanse dan harimau Sumatera untuk dikuliti.

Upaya menghentikan perburuan liar, dilakukan pemerintah dengan menerapkan aturan tentang sanksi bagi pihak yang melakukan hal tersebut.

Sedangkan bagi masyarakat, tentu menginformasikan dengan cepat ketika terdapat indikasi kegiatan yang membahayakan alam itu.

Stop Penebangan Liar

Kalimantan merupakan salah satu kawasan penebangan liar yang masih belum pulih sampai saat ini.

Kayu-kayu di kawasan perhutanan, ditebang secara liar kemudian dihanyutkan ke hilir lalu dijual untuk mendapatkan keuntungan.

Upaya ini harus dihentikan, sama halnya dengan perburuan liar yaitu dengan lebih tegasnya pihak berwenang. Terutama untuk melakukan tindakan hukum, terhadap pihak yang melakukan penebangan liar.

Dengan adanya sanksi tegas, akan timbul efek jera bagi pelaku untuk melakukan hal serupa di kemudian hari.

Sudah banyak pelaku yang ditangkap dan menjalani hukuman penjara, sebagai akibat perbuatan mereka.

Stop Eksploitasi Merusak Lingkungan

Melakukan eksploitasi seperti menangkap ikan di laut, memang tidak dilarang selama menggunakan cara yang ramah lingkungan.

Saat ini, pemerintah sudah melarang penggunaan bom ikan dan pukat harimau yang ternyata merusak habitat fauna laut secara signifikan.

Reboisasi

Disebut juga dengan penanaman hutan kembali, setelah terjadinya penebangan liar. Kegiatan reboisasi sangat penting dilakukan, supaya kawasan resapan air tidak berkurang.

Program reboisasi, terus digalakkan di berbagai kawasan yang sudah mengalami banyak penggundulan hutan.

Caranya, dengan menanam tanaman jenis baru atau yang sama dengan tanaman yang hidup sebelumnya.

Selama proses tumbuh kembangnya, dirawat dan diawasi oleh komponen masyarakat di kawasan tersebut termasuk pemerintah.

Upaya ini, sangat membantu menjaga persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia agar tetap stabil.

Konservasi

Merupakan kegiatan untuk melindungi flora dan fauna dengan cara menjaga habitat aslinya. Bisa dilakukan, dengan menjadikan kawasan hutan sebagai cagar alam dan suaka margasatwa.

Dengan pengelolaan pemerintah dan instansi terkait di kawasan tersebut, dapat meminimalisir pemanfaatan ilegal dari flora dan fauna yang ada di dalam kawasan.

Ada sanksi berat yang menanti, ketika ada pihak yang melakukan perburuan tanaman maupun hewan di sana. Bisa berupa sanksi penjara atau membayar denda dengan jumlah fantastis.

Penangkaran

Untuk hewan-hewan yang terancam punah, berbagai pihak melakukan upaya penangkaran, yaitu membantu proses perkembang biakan hewan, sampai usia mereka cukup untuk dikembalikan ke habitat aslinya.

Sebagai contoh adalah penangkaran penyu dan kura-kura di berbagai daerah lepas pantai Indonesia.

Telur kura-kura dibantu hingga menetas, kemudian dimasukkan ke dalam kolam penangkaran dan dirawat sampai usia mereka cukup untuk kembali ke laut.

Ada pula penangkaran berbagai jenis serangga seperti kupu-kupu, capung, dan lebah. Dilakukan supaya jenis-jenis serangga yang hampir punah, bisa tetap terjaga eksistensinya di alam.

Pembelajaran Tentang Pelestarian Alam Sejak Dini

Memberikan edukasi sejak dini tentang pentingnya melestarikan alam, adalah kewajiban semua pihak termasuk Anda dan penyelenggara pendidikan.

Pemahaman yang cukup, baik itu tentang flora dan fauna hingga manfaatnya bagi stabilitas alam. Akan membuat keinginan, untuk merusak lingkungan dapat berkurang secara signifikan.

Upaya Pelestarian Flora dan Fauna dengan Penyuluhan

Kepada kelompok-kelompok masyarakat potensial seperti petani, nelayan, hingga komunitas hobi berburu akan jadi sasaran penyuluhan tentang pentingnya melestarikan alam.

Tujuannya agar masyarakat bisa melakukan aktivitasnya dengan lebih bijak, jangan sampai merusak bahkan membuat flora dan fauna menjadi kehilangan habitat.

Cara ini, memang butuh proses yang panjang tapi kalau dilakukan secara rutin akan memberikan dampak luar biasa.

Termasuk memberikan ruang bagi masyarakat, untuk mengetahui cara-cara terbaik mengolah hasil alam tanpa merusaknya dan mempraktekkannya.

Baca Juga : Gambar Flora dan Fauna

Demikian informasi mengenai upaya pelestarian flora dan fauna di Indonesia. Semoga menjadi bacaan yang berguna.

Klik 2x Selengkapnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button