Inspirasi

Usaha Perkebunan yang Menguntungkan dan Memiliki Potensi Besar

Akhir-akhir ini bisnis perkebunan tengah dilirik oleh banyak pihak. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, laba yang dihasilkan besar dan juga pasarnya luas. Usaha perkebunan sendiri ada banyak jenisnya. Lalu, manakah usaha perkebunan yang paling menguntungkan? Sebagai seorang pengusaha, tentu wajib mengetahuinya.

Apa Itu Usaha dan Bisnis ?

Pada umumnya kegiatan perekonomian di bidang perkebunan kerap disebut usaha dan bukan bisnis. Meskipun sekilas terlihat sama dan penggunaannya sering disebut berbarengan, nyatanya usaha dan bisnis adalah dua hal yang berbeda.

Usaha merupakan sebuah kegiatan yang menghasilkan keuntungan, baik berupa uang maupun lainnya. Sedangkan bisnis adalah usaha yang telah direncanakan secara matang, memiliki sistem yang matang, dan biasanya diisi oleh profesional.

Pelaku usaha biasanya disebut pengusaha dan kerap kali mengandalkan inovasi dalam melakukan kegiatan ekonomi. Terkadang inovasi yang dilakukan tidak melihat kondisi pasar, sehingga mengakibatkan usaha tidak berlangsung lama.

Sementara itu, pebisnis atau pelaku bisnis biasanya sangat menilai untung dan rugi. Pertimbangan dalam membuka suatu bisnis atau usaha tidak lagi didasarkan pada inovasi semata, melainkan juga kondisi pasar dan kompetitor.

Meskipun demikian, baik bisnis maupun usaha memiliki satu persamaan yakni sebuah aktivitas ekonomi untuk memperoleh laba atau keuntungan. Masing-masing bisnis dan usaha biasanya memiliki beragam jenis. Salah satu jenis usaha yang tengah menjadi primadona adalah usaha perkebunan.

Usaha Perkebunan yang Paling Menguntungkan

Seperti yang diketahui kondisi tanah dan luas tanah di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Didapuk sebagai negara agraris membuktikan bahwa Indonesia memiliki tanah yang luas lagi subur. Oleh karena itu, potensi usaha di bidang pertanian maupun perkebunan tidak terbatas.

Meskipun demikian, tidak semua usaha perkebunan menjanjikan kesuksesan yang besar. Untuk memperoleh laba optimal pengusaha perlu mengetahui kondisi pasar. Lalu, apa saja usaha perkebunan yang paling menguntungkan bagi pengusaha? Simak ulasan berikut:

1. Kebun Buah

Usaha perkebunan yang paling menguntungkan yang bisa dicoba adalah kebun buah. Dengan iklim tropis ada berbagai macam jenis buah yang bisa ditanam. Pengusaha tidak memerlukan tanah yang luas.

Hal terpenting adalah tanah yang dipakai subur dan tanaman buah terawat. Bisnis kebun buah menjanjikan keuntungan yang besar karena buah merupakan komoditi yang dibutuhkan, apalagi dengan adanya kampanye pemerintah untuk memperbanyak konsumsi buah.

2. Kebun Cabai

Makanan pedas kini tengah digemari oleh masyarakat. Bahan utama dari makanan pedas adalah cabai. Oleh karena itu, merintis bisnis kebun cabai bisa menjadi ide usaha yang memiliki potensi besar.

Selain peluang bisnis yang besar, menanam cabai juga tidak terlalu sulit. Asalkan telaten, tanaman cabai pasti tumbuh subur. Hanya saja bisnis ini memiliki banyak kompetitor, sehingga pengusaha perlu hal baru yang membedakan dengan kompetitor lain.

3. Sayuran Organik

Dewasa ini segala hal yang berhubungan dengan organik tengah diburu oleh pasar, terutama sayur organik. Hal ini mengakibatkan peluang bisnis sayuran organik terbuka lebar. Ditambah lagi modal yang dikeluarkan tidak besar.

Meskipun demikian, keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis sayuran organik ini tidak bisa diremehkan. Bisa dikatakan bahwa usaha sayuran organik memiliki potensi yang sama dengan bisnis kebun buah maupun cabai.

Adapun salah satu contoh sayuran organik yang memiliki pasar cukup besar saat ini adalah Hidroponik.

Cara Memaksimalkan Usaha Perkebunan

Usaha perkebunan memiliki potensi yang besar. Namun, bukan berarti usaha ini lepas dari kesulitan. Sama seperti usaha atau bisnis lainnya, usaha perkebunan pun memiliki risiko rugi hingga bangkrut.

Untuk menghindari semua itu, pengusaha tentu wajib memaksimalkan usaha perkebunannya. Lalu, bagaimana cara untuk memaksimalkan usaha perkebunan?

1. Marketing

Seberapa bagusnya sebuah usaha, laba tidak akan diperoleh jika pengusaha atau pemiliknya tidak melakukan marketing atau pemasaran. Dalam dunia usaha maupun bisnis marketing memegang andil yang sangat besar terhadap penjualan produk.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pengusaha untuk memasarkan produknya. Salah satunya adalah memasang iklan atau memberikan promosi, seperti potongan harga

2. Membuat Website

Selain melakukan pemasaran atau marketing, cara lain yang bisa dilakukan pengusaha adalah memanfaatkan jejaring internet dengan membuat website. Di zaman sekarang ini, internet berperan besar dalam dunia usaha.

Hal ini dikarenakan pengguna internet yang beragam dan jumlahnya sangat besar serta tidak terbatas tempat dan waktu. Dengan membuat website, pengusaha bisa memaksimalkan penjualan produknya. Sebelum membuat website untuk penjualan, pastikan bahwa domain yang digunakan berasal dari provider terpercaya.

3. Pengolahan Hasil Kebun Menjadi Bahan Lain

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan dari usaha kebun adalah dengan mengolah hasil kebun menjadi produk lain. Misalnya saja pada bisnis kebun buah, produk hasil panen buah tidak dijual begitu saja melainkan diolah menjadi manisan.

Dengan mengubah produk kebun menjadi bahan lain, pengusaha bisa menambah nilai produk tersebut. Alhasil, harga pun meningkat, begitu juga dengan keuntungan.

Bisnis perkebunan bisa menghasilkan keuntungan yang besar apabila pengusaha mampu memaksimalkan usaha tersebut. Diantara cara memaksimalkan usaha perkebunan, pembuatan website bisa menjadi alternatif terbaik. Agar biaya tidak membengkak, pastikan untuk beli hosting murah.

Adalah Niagahoster, penyedia hosting dan domain yang terjangkau dan berkualitas. Dengan membeli hosting dan domain di Niagahoster, pengusaha bisa memiliki website terbaik untuk memaksimalkan penjualan produk kebunnya dan bahkan memasarkan secara global. Alhasil, keuntungan usaha perkebunan pun bisa mencapai titik maksimalnya.

Klik 2x Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button